RSJ Sudiyanto Sintang Diresmikan, Dinkes Sintang Siapkan Sapras

Bupati sintang bersama kadis kesehatan mengunjungi salah satu pasien di rsj sudiyanto sintang.
 

SINTANG- Rumah sakit jiwa sudiyanto kabupaten sintang diresmikan oleh bupati sintang, jarot winarno, kamis, 16 November 2023. Kepala dinas kesehatan kabupaten sintang, edi harmaini mengatakan dengan diresmikannya rumah sakit jiwa sudiyanto itu akan semakin di sempurnakan secara bertahap.

“Untuk operasional sudah mulai berjalan, sedangkan untuk kelengkapan sarana dan prasaran sambil berjalan. Memang untuk saat ini sudah cukup memadai dan bisa memberikan pelayanan dengan baik,” kata Edi.

Edi menjelaskan pemanfaatan rsj itu berkat dorongan dari bupati dan wakil bupati sintang sehingga bisa berjalan pada tahun 2023 ini. Selain itu persoalan sumber daya manusia (SDM) juga perlu menjadi perhatian tersendiri.

“Kita masih terkendala sumber daya manusia, karena ada moratorium untuk penerimaan tenaga kontrak, sehingga di rsj tidak bisa menerima tenaga kontrak baru,” jelas edi.

Menurutnya untuk sementara waktu, pemenuhan sdm di rsj sudiyanto itu menggunakan tenaga dari beberapa puskesmas yang ada di kabupaten sintang. Tenaga dari beberapa puskesmas itu akan diperbantukan di rsj sudiyanto hingga ada penerimaan baru kedepannya.

“Untuk mendukung operasional dan kinerja di rsj sudiyanto, sementara waktu pakai tenaga dari puskesmas yang ada di kabupaten sintang. Jika nanti sudah ada penerimaan baru, baik itu cpns atau p3k baru tenaga puskesmas itu bisa dikembalikan ke tempat semula,” ucap edi.

Edi menambahkan tenaga kesehatan yang dialihkan ke rumah sakit jiwa sudiyanto ini dari puskesmas sebagian besar merupakan tenaga perawat.

“Kita lihat yang tenaga perawatnya over load atau kelebihan tenaga, sehingga bisa kita geser untuk membantu memberikan pelayanan ke rumah sakit jiwa,” tambahnya.