RSJ Sudiyanto Akan Difungsikan Untuk ODGJ Wilayah Timur Kalbar

 


SINTANG- Rumah sakit jiwa sudiyanto akan menampung orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di wilayah timur kalimantan barat atau 5 kabupaten. Nantinya para odgj yang perlu  mendapatkan perawatan ataupun berkeliaran di jalan bisa di rawat di rumah sakit jiwa sudiyanto.

“Mudah-mudahan ini bisa menampung odgj dari 5 kabupaten di timur kalbar. Semaunya tetap akan dirawat sebagaimana mestinya,” kata Kepala dinas kesehatan kabupaten sintang, Edi harmaini, Jumat (17/11).

Meskipun dengan beberapa keterbatasan, rsj sudiyanto ini tetap berupaya merawat para odgj yang dibawa ke rumah sakit untuk diobati.

“Untuk rawat inap saat ini baru ada 7 dan 1 di rsud. Kondisi itu jika bisa harus segera ditambah. Karena tidak semua odgj bisa dicampur, sebab dikhawatirkan akan saling ganggu satu dengan lainnya,” jelas Edi.

Edi mengungkapkan untuk perawatan odgj ini ada keluarga yang mau dan ada yang keluarganya tidak mau. Untuk itu, kedepannya akan dibuka konsulting untuk para odgj ini dan keluarganya.

“Saya udah komunikasi konsulting untuk keluarga, tidak hanya odgj kita rawat tapi juga keluarganya, supaya di rumah sakit jiwa ini bisa menerima keluarganya odgj yang baru sembuh,” ungkapnya.

Edi harmaini menambahkan kedepannya dinas kesehatan kabupaten sintang, khususnya rumah sakit jiwa sudiyanto akan bekerja sama dengan dinas sosial kabupaten sintang dalam penanganan odgj ini.

“Kita berupaya untuk odgj yang sudah sembuh bisa diberikan pelatihan wirausaha atau lainnya. Kedepannya kita akan bekerjasama dengan dinas sosial kabupaten sintang agar hal itu bisa terwujud,” tambahnya.