Penerimaan P3K Guru Tidak Berdampak Besar Terhadap Kebutuhan Guru Di Sintang

 


 

SINTANG- Penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) formasi guru dinilai belum bisa mencukupi kebutuhan guru di kabupaten sintang.

Kepala dinas pendidikan kabupaten sintang, Yustinus mengatakan kebutuhan guru tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di kabupaten sintang berkisar 4 ribu hingga 5 ribu orang.

“Saat ini jumlah guru yang ada berkisar 3 ribu lebih saja. Jumlah itu masih jauh sangat kurang dibandingkan dengan jumlah kelas dan sekolah yang harus bisa dipenuhi,” kata Yustinus, Kamis (16/11).

Yustinus menjelaskan jika penerimaan p3k khususnya formasi guru dinilai belum mampu mencukupi jumlah kebutuhan guru di kabupaten sintang untuk saat ini. Pasalnya penerimaan itu hanya merubah status dari yang sebelumnya honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (p3k).

“Penerimaan itu hanya mengubah status mereka, tapi tidak menambah jumlah kebutuhan guru di kabupaten sintang. Sehingga perlu adanya penambahan guru yang seharusnya untuk mencukupi jumlah kebutuhan guru di kabupaten sintang,” jelasnya.

Meskipun demikian, yustinus mengharapkan para guru honorer yang mengikuti penerimaan p3k bisa lulus dengan murni tanpa melakukan kecurangan. Bahkan para peserta jangan tergiur dengan penipuan yang bisa membantu mereka lolos menjadi p3k dengan membayar sejumlah uang.

“Kita berharap semua bisa lulus dengan murni, sehingga status mereka bisa berubah dari yang sebelumnya guru honorer menjadi guru p3k. Jangan pernah tergiur dengan janji orang yang mengatakan bisa meluluskan mereka dengan membayar sejumlah uang. Itu bisa dipastikan penipuan”, tegas yustinus.