Dinas Lingkungan Hidup Ajak Warga Manfaatkan Sampah Plastik

 

SINTANG- Dinas lingkungan hidup kabupaten sintang mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Terlebih masyarakat bisa mengurangi sampah plastik dan memanfaatkan sampah plastik yang masih bisa digunakan.

Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten sintang, Igor nugroho mengatakan upaya penanggulangan sampah yang dilakukan, antara lain menghimbau kepada masyarakat untuk punya kepedulian terhadap kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Masyarakat bisa memilah, mengurangi penggunaan sampah plastik dan memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan mulai dari rumah, dengan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle. Karena masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama untuk diselesaikan,” kata Igor nugroho, Sabtu (25/11).

Igor menjelaskan saat ini dinas lingkungan hidup sedang melakukan kegiatan penanganan sampah sesuai tupoksi dengan menyesuaikan kondisi kendaraan angkut yang ada dan mendorong terbentuknya TPS 3R di lingkungan masyarakat.

“Pasalnya kendaraan angkut sampah kita banyak yang sudah rusak sehingga menjadi kendala tersendiri bagi dinas lingkungan hidup untuk melakukan pengangkutan sampah. Sebab saat ini kita sedang kekurangan kendaraan angkut sampah menuju tempt pembuangan sampah akhir,” jelasnya.

Igor menambahkan terlebih lagi saat ini kondisi tempat pembuangan akhir sampah (TPA) kabupaten sintang sudah penuh atau overload dan harus ada tempat baru yang lebih representatif.

“Untuk kondisi TPA sebenarnya sudah overLoad dan bisa di bilang kurang layak untuk terus ditambah sampah lagi. Kondisi TPA itu sudah harus mencari lokasi baru yang lebih representatif dari berbagai aspek,” tambahnya.

Kondisi itu diperparah dengan kondisi alat berat yang ada di tempat pembuangan akhir yang kondisinya kurang layak beroperasi.

“Belum lagi excavator yang kondisinya sudah kurang layak operasi dan moda angkutan yang sudah tua. Oleh karenanya kami berharap kedepan ada alokasi anggaran yang memadai untuk pemenuhan sarpras pengelolaan sampah,” tutupnya.