BPBD Sintang Selalu Waspada Bencana Di Kabupaten Sintang

 

SINTANG- Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten sintang selalu waspada jika terjadi bencana di wilayah kabupaten sintang. Bpbd selalu berkoordinasi dengan bmkg kabupaten sintang dalam memantau perkembangan cuaca yang terjadi.

“Kita selalu berkoordinasi dengan bmkg kabupaten sintang. Intinya kita selalu waspada ketika terjadi bencana dengan petugas yang ada,” kata Kepala bpbd kabupaten sintang, abdul syufriadi, Sabtu (25/11).

Abdul menjelaskan saat ini sering terjadi hujan di wilayah kabupaten sintang, hujan hampir terjadi setiap hari dibeberapa kecamatan. Petugas bpbd terus memantau perkembangan ketinggian air guna mengantisipasi terjadinya banjir dibeberapa lokasi rawan banjir.

“Kita selalu memantau pasang surut air dan debit air di kabupaten sintang. Karena intensitas hujan yang turun cukup deras dibeberapa wilayah, sehingga petugas bpbd terus melakukan pemantauan,” jelasnya.

Menurutnya intensitas hujan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir cukup meningkatkan debit air di sungai kapuas dan sungai melawi. Debit air cukup deras dan ketinggian air selalu bertambah setiap waktunya.

“Warga diminta selalu waspada ketika terjadi hujan deras yang terjadi dalam beberapa jam di wilayahnya. Sebab dikhawatirkan hujan itu bisa meningkatkan debit air dan terjadi banjir,” ucap abdul.

Abdul mengharapkan masyarakat melaporkan kepada petugas bpbd atau pun unsur pemerintahan terdekat jika terjadi banjir atau pun bencana di wilayahnya. Masyarakat bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa atau pun bhabinkamtibmas maupun bhabinsa yang ada di wilayahnya.

“Hal itu dilakukan agar ketika ada potensi bencana bisa segera diantisipasi dengan mengevakuasi warga sekitar. Jangan sampai ketika sudah terjadi bencana besar baru memberitahukan sehingga warga tidak bisa menyelamatkan harta bendanya,” harap abdul syufriadi.