Camat Kelam Permai Dukung Pemahaman Iklim Untuk Pertanian

 

SINTANG- Camat kelam permai, kusmara amijaya mendukung program sekolah lapang iklim yang dilakukan bmkg maritim beberapa waktu lalu. Pasalnya dengan sekolah apang iklim itu, masyarakat petani yang ada di kecamatan kelam permai menjadi lebih paham membaca kondisi iklim sebelum menanam padi.

“Sekolah lapang iklim bagi petani ini sangat bagus, karena bisa meningkatkan kemampuan petani dalam membaca iklim. Hal itu dilakukan guna menghindari petani mengalami gagal panen kedepanya,” kata kusmara amijaya, Senin (16/10).

Menurutnya sekolah lapang iklim itu membantu petani padi khususnya meningkatkan hasil produksi berasnya. Sebab sebelum mendapatkan pelatihan mengenali cuaca, banyak petani yang gagal panen karena kondisi cuaca yang buruk.

“Sebelumnya petani sering gagal panen atau pun panennya tidak sesuai. Setelah mendapatkan pelatihan di sekolah lapang iklim itu, petani bisa mengetahui kondisi cuaca dengan melihat prakiraan bmkg serta menghindari terjadi hama di waktu tertentu,” jelasnya.

Kusmara mengungkapkan para petani ini kedepanya bisa terus berkembang dan mengajarkan juga kepada para petani yang belum mendapatkan pelatihan di sekolah lapang iklim. Karena jika pengetahuan itu disebarkan kepada petani lainnya, tentu hasil panen di wilayah kecamatan kelam permai bisa lebih besar lagi.

“Nantinya petani yang mendapatkan pelatihan bisa memberitahukan kepada kelompok tani lainnya. Hal itu bertujuan agar petani lainnya juga memahami tentang iklim, agar hasil panen mereka juga meningkat dibandingkan sebelumnya,” ucap kusmara.

Kusmara amijaya mengharapkan kegiatan sekolah lapang iklim di wilayah kecamatan kelam permai bisa terus dilakukan setiap tahunnya.

“Nantinya para pesertanya bergantian, sehingga pengetahuan para petani bisa bertambah dan pemahaman tentang iklimnya juga bertambah. Tentunya kedepan pertanian di wilayah kecamatan kelam permai bisa lebih baik lagi,” harapnya.