SANTO: BPD HARUS BISA BEKERJA MAKSIMAL, SIAP-SIAP UNTUK PILKADES

wartasintang.com: Pada Oktober 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang akan kembali menggelar pemilihan kepala desa serentak di 72 desa. Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (3/9/2022) lalu menyampaikan pesannya kepada anggota Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) untuk menyiapkan perhelatan ini dengan sebaik mungkin.

“Harapan kita, bagi para anggota BPD yang sudah terpilih di sejumlah desa kita, supaya mereka bisa bekerja maksimal bekerja sama dengan masyarakat untuk mengawasi jalannya pemerintahan desa. tahun ini kita akan kembali menggelar pilkades di 72, saya harap BPD secara aktif menyiapkan kegiatan ini agar dapat berlangsung dengan aman dan tertib pada waktunya nanti,” kata Santosa,

Menurut pria yang akrab disapa Santo ini, ada beberapa keluhan warga terhadap kinerja aparatur desa yang ada, khususnya transparansi anggaran desa. Sebagai komisi yang membidangi pemerintahan, dirinya dan anggota komisi lainnya kerap menerima audiensi masyarakat desa mengenai jalannya pemerintahan desa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sintang.

“Sepanjang saya di Komisi A ini memang banyak mendengarkan keluhan warga tentang kinerja aparatur desa, untuk itu moment seperti pilkades itu harap digunakan sebaik mungkin agar dapat memilih pemimpin yang baik. Juga dengan adanya BPD kita mau agar semua anggaran yang masuk ke desa bisa terpantau dengan baik  dan penggunaannya pun maksimal untuk membangun desa dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Santo.

Santo juga memberikan pujian kepada ratusan desa yang berhasil menggelar pilkades serentak  Menurutnya desa-desa semakin terbuka dan selektif sebagaimana yang tertera di peraturan yang berlaku.

“Tentu kita harapkan aparatur desa yang sudah terbentuk bisa menjalankan tupoksinya sesuai dengan regulasi yang ada,” ucap Santo lagi. (*)