ANGGOTA DPRD SINTANG APRESIASI ACARA COOKING CLASS DI SINTANG EXPO


wartasintang.com: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia memberikan apresiasi positif pada kegiatan kelas memasak yang diadakan di Sintang Expo tahun 2022, Jumat (2/9/2022).

“Kita sangat senang ya melihat antusias perempuan-perempuan yang hadir disini untuk ikut kelas memasak ini. Mereka jadi memperoleh peningkatan kapasitas dalam pengolahan bahan pangan lokal. Kali ini asam maram, semoga kedepannya produk alam lainnya yang sangat banyak ada di hutan kita,” ujar Anas usai menyerahkan doorprize kepada peserta yang beruntung.

Kegiatan ini dimotori oleh Mitra Pembangunan Lestari Kabupaten Sintang, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) bersama Kalara Borneo. Kali ini tajuk pengolahan yang dibuat bersama, pengolahan sirup asam maram menjadi selai asam maram.

“Kita juga sangat mengapresiasi langkah mitra pembangunan Sintang yang sangat gencar untuk membina masyarakat Sintang. Harapannya semoga dengan adanya tambahan pengetahuan seperti ini akan ada pendampingan lanjutan sehingga dampak ekonominya dapat terasa,” tambah legislator Partai Nasdem ini lagi.

Kegiatan yang dilangsungkan di Tribun Lapangan Stadion Baning itu diikuti oleh 30 peserta. Para peserta dibagi dalam 6 kelompok yang terdiri dari ibu-ibu dan anak muda. Para peserta tersebut berasal dari kelompok perempuan, IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) cabang Sintang, Koperasi Jelas, dan sejumlah anak muda dari STKIP Persada Katulistiwa dan SMK Kartini.

“Pada awal kegiatan, para peserta mendapatkan penjelasan singkat mengenai tahapan pembuatan selai asam maram kemudian mereka mempraktekkan langsung dengan abhan dan alat yang telah disediakan oleh panitia,” ungkap Natalia Desy selaku koordinator kegiatan dari LTKL.

“Kegiatan ini merupakan upaya kita untuk melestarikan pangan lokal seperti asam maram ini. Perubahan bentuk dari hanya sekedar buah dari hutan di ubah menjadi sirup dan selai merupakan bentuk inovasi produk yang dapat meningkatkan nilai ekonomi produk tersebut,” tambah Desy lagi. (*)