RUDI ANDRYAS: KADES GUNAKANLAH DANA DESA SEBAIK MUNGKIN

wartasintang.com: Anggota dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Rudi Andryas menyampaikan harapannya agar semangat baru untuk memulihkan ekonomi karna dampak pandemi covid 19 terasa di mana-mana, tampak geliat kegiatan ekonomi lebih ramai jika dibandingkan kondisi 2 tahun terakhir, semoga dapat menular pada para kepala desa khususnya dalam mengelola dana desa.

“Tahun 2022 ini Sintang sudah berani menyelenggarakan sejumlah even besar, yang mempengaruhi geliat ekonomi masyarakat. melihat antusias ini, saya himbaukan kepada para kepala desa, khususnya yang ada jauh di Ambalau dan Serawai, mari bersama tularkan semangat untuk memulihkan ekonomi  dan membangun daerah kita ini,” kata Rudy, Kamis (15/9/2022).

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu juga mengingatkan bahwa dengan anggaran dana desa yang diterima para kepala desa diharapkan pembangunan ditingkat desa dapat dilakukan secara optimal. Kemudian untuk pembangunan desa yang menjadi kewenangan tingkat kabupaten pihaknya akan mengusahakan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kita di Komisi A juga sudah bertemu dengan mitra dinas kita. Dinas terkait berkaitan dengan pemerintahan desa, Pemdes dan juga Inspektorat Kabupaten Sintang. Apabila ada koordinasi yang sampai harus ke luar Sintang misalnya tentang lingkungan dan hutan, kami siap untuk membantu dan mendorong juga mendampingi para kades ini, ini smeua guna mencapai optimalisasi pembangunan terutama yang berbasis lingkungan,” kata Rudy. “Tentu harapan kita kedepan anggaran yang sampai ke desa itu benar-benar digunakan sebaik-baiknya,” harapnya.

 Tokoh masyarakat Ambalau, Antonius menyebutkan dengan luas daerah mencapai 29,58% dari total luas Kabupaten Sintang pemerintahan desa juga masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan untuk menghubungkan antar dusun.

“Kami masih mengharapkan prioritas untuk pembangunan infrastruktur dasar. Kami tetap optimis para pemimpin daerah di tingkat kabupaten akan memperhatikan kami, termasuk para wakil rakyat di DPRD,” ujar Anton. (*)