KETUA DPRD DAMPINGI BUPATI SINTANG KUNJUNGI WARGA TERDAMPAK ANGIN PUTTING BELIUNG


wartasintang.com: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mendampingi Bupati Sintang, Jarot Winarno saat mengunjungi warga yang terdampak angin puting beliung beberapa hari lalu di Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu, Minggu (4/9/2022).

“Kami turut prihatin kepada masyarakat yang terkena musibah angina putting beliung ini. semoga perbaikan rumah dan juga fasilitas umum seperti sekolah dan gereja juga kantor desa dapat segera dilakukan agar aktivitas belajar dan bekerja masyarakat dapat berjalan normal kembali,” kata Ronny.

Kejadian ini terjadi pada Selasa (30/8/2022) dini hari. Setidaknya terdapat 34 bangunan yang mengalami kerusakan cukup parah akibat tiupan angin. Dari jumlah tersebut, 6 bangunan merupakan fasilitas umum sedang 28 lainnya merupakan rumah warga. keenam fasilitas umum tersebut terdiri dari satu bangunan SMP, dua bangunan taman kanak-kanak, satu bangunan gereja dan kantor desa mengalami rusak sedang, dan satu bangunan SD yang mengalami rusak ringan.

“Kami ingatkan kepada masyarakat Sintang, kita sudah menerima informasi himbauan dari BMKG terkait dengan buruknya cuaca dalam beberapa waktu ini. Maka mari bersama menjada diri dan keluarga juga lingkungan. Bila ada pohon besar di sekitar rumah segera dipangkas dulu, bila ada parit yang masih tertutup semak atau kurang lancar mengalir segera dibersihkan,” pesan politisi Partai Nasdem itu lagi.

Bernard Saragih selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang menyampaikan himbauan kepada warga agar memperhatikan lingkungan sekitar karna saat ini Sintang sedang dilanda cuaca ekstrem.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat Sintang untuk tetap selalu waspada dengan kondisi cuaca ekstrem terutama bagi yang akan berpergian atau melakukan perjalanan jauh baik melalui jalur darat maupun jalur sungai,” kata Bernard. (*)