DPRD SINTANG INGATKAN UNTUK MENJAGA KONDISI RUMAH BETANG

wartasintang.com: Kamis (18/8/2022), wakil Bupati Sintang, Melkianus mengunjungi rumah betang di Desa Jerora 1. kunjungan ini dalam rangka meninjau langsung kondisi plafon yang rusak. Dalam kesempatan itu, Melki menyampaikan arahan untuk segera memperbaiki kondisi tersebut.

“Kemarin kita diberitahu bahwa plafon rumah betang ini terjatuh karna terkena angin kencang. Hari ini langsung kita tinjau. Kita tadi sudah melihat langsung kondisinya. Pemerintah akan bertanggung jawab dan akan langsung kita ambil langkah untuk perbaikan,” ujar Melki.

Menurut Melki pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perkim dan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten terkait hal ini.

“Saya sudah sampaikan ke DAD bahwa Pemda akan segera melakukan perbaikan. Saya juga sudah meminta Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk menghitung biaya perbaikan. dalam hal ini apabila materialnya kita ganti dengan baja ringan atau kayu. Segera akan kita kerjakan dengan baik dan kokoh,” kata Melki lagi.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.

"Kita pernah ada mendengar informasi beredar di masyarakat yang bilang pembangunan rumah betang ini ndak berjalan dengan baik dan menelan biaya hingga 20 millyar lebih. kita sudah juga pernah melakukan peninjauan langsung," kata Ketua Komisi B DPRD Sintang itu.

Menurutnya berdasarkan evaluasi pada pelaksanaan Gawai Dayak yang lalu, halaman rumah betang mendapat perhatian khusus dari para anggota dewan. Pembahasan bersama OPD dan aparatur desa setempat menitikberatkan pada kondisi halaman yang masih tanah, karna hal ini kurang baik dalam menyelenggarakan kegiatan terlebih bila musim hujan.

“Kita mengapresiasi sikap pemerintah yang cepat mengambil langkah untuk perbaikan fasilitas betang tersebut. untung kejadiannya tidak pada saat ada kegiatan di sana,” tambah politisi Partai Demokrat itu lagi. (*)