SUDIR: KITA KOORDINASIKAN KE BBPJN JUGA


Wartasintang.com: Masyarakat di Jalan Cadika menyampaikan keresahannya beberapa waktu lalu dengan menanam pohon pisang ditengah ruas jalan Cadika. Sudah sejak lama ruas jalan tersebut tergenang air. (4/7/2022).

Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman menyampaikan bahwa karna ruas jalan tersebut memotong jalan nasional maka pihaknya mendorong Pemkab Sintang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) agar berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) supaya mengganti gorong-gorong saluran pembuangan dengan ukuran diameter yang lebih besar agar air dapat mengalir lebih baik.

“Salah satu persoalan drainasee di jalan cadika itu kan karna saluran pembuangan yang ada itu memotong jalan nasional, kita tidak punya kewenangan. Solusi cepatnya kita koordinasi dengan BBPJN supaya gorong-gorong itu diganti dengan diameter yang lebih besar. Jadi airnya bisa mengalir maksimal,” ungkap Sudirman.

Politisi Partai Demokrat itu menyampaikan bahwa pihaknya pada Bulan Maret lalu telah melakukan peninjauan pada area tersebut.

“Kemarin itu, kami dari Komisi B DPRD Sintang, bersama Kadis PU dan Kades Baning Kota sudah meninjau lokasi di seputaran jalan cadika. Hasilnya, kami sepakat untuk membuat drainase. Saat ini kami akan melakukan rapat berkaitan dengan hal tersbeut di komisi B. kita akan coba usahakan yang terbaik meski anggaran dana kita yang masih terbatas akibat proses pemulihan dampak covid saat ini,” papar Sudirman lagi.

Pria yang akrab disapa Sudir ini juga menyampaikan bahwa kondisi Jalan Cadika itu sangat tidak terawat, selain karna ukuran saluran pembuangan atau gorong-gorong yang kurang besar, ada banyak tumpukan sampah dan rumput yang memenuhi selokan hingga ke badan jalan.

“Solusi jangka pendeknya drainase yang ada itu  harus dibersihkan. Lalu pemerintah desa setempat dan warga perlu juga untuk membuat atau merintis jalur drainase baru agar dapat menyalurkan air dengan baik sehingga tidak lagi kawatir tergenang,” kata Sudir. (*)