PEMUDA KATOLIK DITENGAH ARUS ZAMAN

wartasintang.com: Pembinaan kaum muda sedemikian penting, mengingat peran orang muda sebagai penerus bangsa. Melalui keikutsertaan dalam organisasi, kaum muda diharapkan dapat membentuk diri, menyiapkan diri sebagai pemimpin masa depan.

Dalam organisasi seperti Pemuda Katolik juga akan diupayakan kegiatan-kegiatan organisasi dalam usaha dalam menjawab tantangan jaman dengan tetap selaras pada ajaran Gereja Katolik. Demikian disampaikan oleh Welbertus, Pembina Pemuda Katolik Komcab Sintang ditemui usai melakukan tugas pelayanannya di Gereja Maria Ratu Semesta Alam, Minggu (3/7/2022).

"Pertama-tama saya ucapkan bahwa bicara tentang orang muda itu bisa secara umum ya tidak hanya di lembaga keagamaan," kata Bang Wel “Apabila terkhusus tentang Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sintang itu merupakan sebuah organisasi Kepemudaan yang semangatnya mesti segaris dengan ajaran gereja Katolik. Harapannya agar organisasi ini mampu berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan dan sumber daya manusia di Sintang. Selain itu juga harus mampu menciptakan situasi yang aman dan tertib khususnya pada tahun ini," tambahnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Welbertus mengatakan keberadaan organisasi ini dapat menjadi wadah bagi para pemuda Sintang untuk belajar bekerja bersama dalam kelompok. Pengalaman dalam organisasi ditinjau sangat penting untuk membentuk karakter para anggotanya. Ia juga menyebutkan, terkait pembinaan organisasi akan dilakukan dengan menyesuaikan pada program-program yang telah ditetapkan dari tingkat pusat dan daerah. Ia juga menyampaikan harapannya agar organisasi ini dapat memberikan dampak positif ditengah masyarakat, khususnya di Sintang.

“Saya berharap Pemuda Katolik dapat memberi dampak positif bagi gereja dan negara. Secara khusus di Sintang, Pemuda Katolik dapat membentuk semakin banyak muda-mudi Sintang yang berkarakter baik dan tangguh," lanjut politisi PDI Perjuangan itu. (*)