RONNY: SELAMAT HARI GAWAI, GAYU NYILU GERAI NYAMAI


wartasintang.com: “Saya selaku Ketua DPRD Sintang mengucapkan selamat hari Gawai, gayu nyilu gerai nyamai,” begitulah kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Florensius Ronny, Jumat (29/7/2022).  Secara sederhana ucapan dan doa yang berarti “semoga senantiasa umur panjang dan sejahtera” tersebut mewakili harapan semua warga masyarakat yang melaksanakan gawai dayak pada setiap tahunnya. Terlebih sudah 2 tahun tidak melangsungkan tradisi pesta panen ini karna pandemi covid 19.

 Tradisi Gawai ini dikenal dengan istilah spesifik, Gawai Nyelepat Taun. Yang artinya acara yang menandai tahun perladangan masyarakat Dayak, habisnya masa perladangan sebelumnya dengan telah diangkutnya semua padi hasil ladang ke lumbung dan mulai menandai tanah untuk ladang yang baru.

“Ucapan ini saya peruntukkan bagi seluruh masyarakat Dayak di kabupaten Sintang. Di mana sudah 2 tahun ini nggak boleh tidak dilaksanakan, mudah-mudahan tahun ini gawai bisa berlangsung dengan sangat meriah dan mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Semoga kita semua turut mensukseskan hari gawai tingkat kabupaten tahun 2022 ini,” ujar legislator Nasdem itu lagi.

Gawai Nyelepat Taun kental dengan ritus padi, dimana upacara adat yang dilangsungkan merupakan prosesi ucapan syukur atas panen yang melimpah dan doa yang sama untuk tanah yang baru akan digarap. Ada beberapa ritus didalam prosesi Gawai Nyelepat Taun, antara lain Ngamik Semengat Padi, Ngamik Padi Mudak/membuat Emping, Nyengkelan alat-alat pertanian. Selain itu pada masa gawai ini juga dilaksanakan sejumlah acara lainnya seperti pernikahan, potong gigi, atau membawa anak mandi di sungai.

Kegiatan gawai dayak Sintang tahun 2022 dilaksanakan selama 3 hari hingga tanggal 31 Juli 2022. Kali ini pelaksanaan acara rutin tahunan tersebut sudah menempati Rumah Betang yang terletak di Desa Jerora 1 Sintang. (*)