ANGGOTA DPRD APRESIASI LOMBA KULINER GAWAI DAYAK SINTANG 2022

wartasintang.com: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kartimia Marwani memberikan apresiasi positif dilaksanakannya lomba kuliner dayak pada Gawai Dayak Sintang tahun 2022, di  Rumah Betang di Desa Jerora Kecamatan Sintang, Minggu (31/7/2022).

“Kita sangat senang melihat lomba kuliner ini ditampilkan di acara Gawai ini. Jadinya masyarakat pun bisa tahu, bisa mengenal ragam dan jenis masakan juga cara memasak yang biasa dilakukan oleh orang Dayak. kita sangat kaya lho dengan bahan baku baik yang dari hutan maupun dari sungai-sungai kita,” kata wanita yang akrab disapa Mia ini.

Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan Gawai Dayak Sintang tahun 2022 yang berlangsung sejak 29 Juli lalu. Lomba ini diikuti oleh 6 peserta dari utusan Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan juga terbuka untuk umum. Kali ini peserta berasal dari DAD Ketungau Hilir, DAD Sepauk, DAD Kayan Hulu, DAD Kelam Permai, SMA Nusantara Indah, Umum- Lingkungan Santo Paulus Paroki Katedral Sintang.

“Saya berharap kedepannya ada banyak anak muda yang mau ikut dalam lomba ini sehingga budaya kuliner kita bisa terjaga dan bisa dinikmati selamanya,” harap legislator Partai Nasdem itu.

Setelah dinilai oleh dewan juri, juara pertama diraih oleh utusan dari DAD Sepauk. Pada posisi kedua dan ketiga diraih dari umum, yaitu SMA Nusantara Indah dan Lingkungan Santo Paulus Paroki Katedral Sintang. Pada perlombaan kali ini, penilaian dilakukan oleh 3 dewan juri yang ditunjuk oleh panitia lomba: Susana Jefrray, Yustina Abeng dan Wenefrida Rosa Ilin.

Panitia lomba memberikan kebebasan pada menu yang disajikan. penilaian dilakukan pada aspek cita rasa melalui rasa dan aromanya dan penyajian yang dilihat adalah tata saji, keindahan, kebersihan, dan daya tarik. Ada peserta yang menampilkan menu Ikan Gabus dimasak kuning, Kerubik atau keong sungai, kecombrang atau Cakala dan daun ubi tumbuk. (*)