KETUA DPRD SINTANG PREDIKSI PEMILIHAN WABUP BISA DI AWAL AGUSTUS


wartasintang.com: “Paling cepat dilakukan pemilihan DPRD itu tanggal 2 Agustus dengan catatan apabila semuanya sudah beres dan panitia pemilihan sudah menyatakan tidak ada kendala dan masalah artinya sudah sesuai dengan peraturan yang ada,” kata Florensius Ronny selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senin (18/7/2022).

Menurut Ronny saat ini proses tersebut sedang bergulir. Sebagaimana diketahui sebelumnya koalisi Adil Bersatu telah menyampaikan dua nama calon wakil bupati, Melkianus dan Hardoyo beberapa waktu lalu.

“Kita sudah menerima pengantar dari pak bupati yang melampirkan kesepakatan 5 partai pengusung kemudian rekomendasi dari DPP juga lengkap. Kemudian DPRD juga segera merespon surat tersebut. Suratnya masuk kemarin sore, tadi pagi kita langsung mengadakan rapat badan musyawarah (BANMUS) jadwalkan tentang tahapan dan proses pemilihan wakil Bupati,” ungkap Ronny lagi.

“Nanti  tanggal 20 kita akan diadakan paripurna untuk pak bupati membacakan dua nama calon wakil bupati di rapat tertinggi di DPRD. Setelah itu berlangsung maka pimpinan DPRD akan membuat SK terhadap seluruh fraksi yang akan tergabung dalam panitia pemilihan. Jadi nanti di DPRD ini akan dibentuk panitia pemilihan. Lalu kemudian panitia pemilihan tersebut akan melakukan koordinasi ke pemerintah provinsi kemudian ke kementerian dalam negeri dengan kelengkapan syarat-syarat apakah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” lanjutnya.

Menurut politisi Partai Nasdem tersebut, panitia pemilihan juga akan melakukan studi banding ke kabupaten di Jawa Timur yang sudah melangsungkan proses serupa, sebagai kelengkapan proses pemilihan ini.

“Apabila itu sudah maka panitia pemilihan akan melakukan konsultasi ke kabupaten Tulungagung karena di sana baru-baru juga selesai pemilihan wakil Bupati,”ujar Ronny. (*)