GAWAI, TRADISI YANG DIRINDUKAN


wartasintang.com: Wakil Ketua DPRD Sintang, Heri Jambri menyampaikan apresiasinya atas rencana pelaksanaan Gawai Dayak Sintang tahun 2022 yang akan digelar pada akhir bulan nanti.

“Terkait dengan gawai ini kan memang sudah suatu tradisi yang kita lestarikan. Terkait dengan gawai tingkat kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini kita dukung kita apresiasi. Saya yakin bahwa masyarakat merindukan ada gawai di kabupaten kita,” kata Heri Jambri ditemui Jumat (22/7/2022).

Menurut legistator dari Partai Hanura itu, pelaksanaan gawai ditingkat kabupaten  hendaknya setelah pelaksanaan kegaitan serupa di tingkat provinsi, terlebih lagi di desa-desa di Kabupaten Sintang sudah cukup banyak yang menyelenggaran pesta panen ini.

“Sebenarnya kita sudah agak terlambat biasanya gawai itu bulan Juni. Sesuai dengan kebiasaan yang kita biasa lakukan. Harusnya begitu provinsi sudah langsung kita di tingkat kabupaten melaksanakan juga, langsung disambung. Di daerah (desa/kampung) kita ini yang saya ketahui, saat ini mereka sudah melaksanakan gawai,” ungkap Heri.

Heri berharap pesta tahunan dalam tradisi perladangan masyarakat Dayak itu bisa berlangsung dengan baik dan lancar. Terlebih pasca pandemi covid 19 banyak kegiatan dilakukan oleh pemerintah untuk memulihkan ekonomi sekaligus wahana hiburan bagi masyarakat Sintang.

“Karena Corona, sudah 2 tahun ini kan kita tidak melaksanakan gawai. Kita tidak bisa berkumpul karena musibah internasional ini. pelan-pelan belajar menerapkan new normal sekaligus juga kita menata kembali perekonomian yang sempat nyaris tumbang. yah, dengan mempertimbangkan hal itu dan karena situasi di daerah kita juga sedang masih seperti ini, kita pun baru menyelesaikan pembangunan rumah betang kabupaten itu, jadi semua mari kita jalani tentu dengan pelan-pelan. saya sih, berharap gawai kali ini sukses bisa dilaksanakan, lancar, tertib dan aman selama gawai. selamat ari gawai,” papar Heri. (*)