ABOH KITAI GAWAI


wartasintang.com: Rapat Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang memutuskan bahwa akan menggelar Gawai Dayak Sintang tahun 2022 pada akhir Juli. Tepatnya, 29-31 Juli 2022. Beragam tanggapan warga atas rencana tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Herinius Laka juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya pribadi saya menyambut baik ketika diadakan gawai yang sudah tidak dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir,” ungkap Laka.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga mengungkapkan bahwa gawai tidak semata-mata hanyalah pesta ramai, namun juga menjadi ajang silahturahmi kaum kerabat untuk mengucap syukur bersama atas hasil ladang dalam setahun.

“Saya sebagai orang Dayak juga merasa bangga bisa berkumpul bersama untuk melakukan gawai,” tegas Laka.

Ketua Panitia Gawai Dayak Sintang tahun 2022, Selimin menyampaikan bahwa untuk memeriahkan kegiatan tersebut, panitia juga menggelar sejumlah lomba bernuansa Dayak yang terbuka bagi masyarakat umum.

“Supaya kita lebih meriah, malam hari ada pentas hiburan dari artis-artis dayak kita. Lalu siang hari ada banyak lomba yang kita adakan. Selain itu ada juga nanti kita akan melakukan seminar kebudayaan,” ungkap Selimin.

Dari data yang dimiliki panitia, aneka perlombaan tersebut meliputi: ada lomba sumpit, lomba pencak silat, lomba kuliner, lomba panggak gasing, lomba fashion show anak, lomba bujang dara gawai, dan lomba melukis perisai.

“Tahun ini kita melaksanakan gawai dengan sederhana mengingat situasi pandemi masih belum benar-benar reda, selain itu persiapan kegiatan pun terbilang singkat juga mengingat anggaran yang yang sangat minim karna dampak covid ini. Jadi oleh DAD kita memang memfokuskan kegiatan pada ritual dan upacara adatnya. Kami harap gawai ini bisa sedikit mengobati kerinduan masyarakat untuk begawai,” ujar Selimin lagi. (*)