TERLETAK DI SISI SINTANG, BINJAI MASIH ALAMI KESULITAN KONEKSI INTERNET

wartasintang.com: Joni selaku Camat Binjai Hulu, menyampaikan bahwa daerahnya masih ada desa yang agak terisolasi. Menurutnya, kecamatan yang memiliki 11 desa dengan 38 dusun ini secara administratif masih mengalami kesulitan besar dalam proses update administrasi pemerintahan karna sinyal komunikasi masih belum merata keberadaannya, meskipun jarak dengan pusat kabupaten relative dekat.

“Simbak yang terdekat saja masih susah sinyal internet. Sementara, tuntutan pemerintah salah satunya updating data secara online. Sehingga kami sering turun ke Sintang untuk mengurus pengisian data pembangunan di Simral (sistem aplikasi.red),” kata Jony. “Sekarang memang masih ada sejumlah titik blank spot. Kami memaklumi karna keberadaan kami yang secara geografis dekat dengan pusat kabupaten membuat prioritas pembangunan belum sampai dengan optimal ke kami karna masih mendahulukan daerah-daerah pinggiran,” ujarnya lagi.

Menurut Jony, selain sinyal beberapa desa di Binjai juga memerlukan bantuan untuk pengadaan kantor desa yang layak, hal ini terkait dengan adanya kebijakan terkait kenaikan insentif bagi aparatur desa, sehingga pihaknya pun mewajibkan kepada seluruh desa di Binjai untuk masuk dan bekerja di kantor setiap hari.

“Kami berharap regulasi yang membuat kami bisa membangun kantor kerja yang layaklah. Karna dana desa sudah tidak lagi bisa untuk pembangunan fisik jadi kami berharap bisa mendapat perhatian dari para anggota dewan khususnya yang di daerah pemilihan ini,” pungkas Joni.

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny sempat memberikan pujian kepada aparatur desa dan kecamatan di Binjai Hulu karna menjadi kecamatan yang sudah tertib administrasi kependudukan.  Ia menyampaikan bahwa hal ini bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain.

“Kecamatan Binjai berpotensi menjadi kecamatan maju di Sintang, tinggal kita dorong sedikit lagi, kami di DPRD tentu akan berusaha untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di sini terutama lewat aspirasi teman-teman yang berasal dari dapil sini ya,” ujar politisi Partai Nasional Demokrat itu. (*)