ANGGOTA DPRD SINTANG BANGGA SINTANG BANYAK YANG BERANGKAT HAJI


wartasintang.com: “Saya bangga sekali dengan jamaah haji Sintang, ini lumayan banyak ya, ada 63 orang. setelah 2 tahun kita pandemi tidak bisa memberangkatkan haji bagi yang sudah mampu. sebagai ketua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dan ketua dewan Masjid Indonesia Sintang, saya pun turut bersyukur atas penyertaan Tuhan Yang Maha Esa ada sedemikian banyak orang Sintang bisa berangkat haji,”ujar anggota DPRD Sintang, Senen Maryono, Selasa (14/6/2022)

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa waktu lalu di Pendopo rumah Dinasnya, Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas 63 jamaah haji asal Sintang yang hendak berangkat menunaikan rukun Islam kelima di Mekkah.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini para jamaah ini selain sudah menjalani persiapan mental juga sudah mengikuti serangkaian tes kesehatan agar dinyatakan siap berangkat. Para Jamaah ini akan menuju Batam dari sana akan bergabung dengan embarkasi Batam menuju Madinah.

“Jemaah haji ini nantinya akan menunggu puncak haji itu nanti hari Jumat tanggal 8 Juli itu wukuf di Arafah tanggal 10 muharramnya nanti udah puncak haji. Semuanya jaga kesehatan mudah-mudahan seluruh jamaah haji Indonesia, khususnya yang asal Sintang ini bisa sehat dan lancar dalam menjalankan ibadah hajinya. Kembali ke Sintang sudah menjadi haji yang mabrur,” ujar Senen lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sintang, Ikhwan Pohan mengatakan bahwa semua jamaah haji asal Sintang sudah menjalani skrining kesehatan. Selain itu jumlah jamaah haji yang berangkat hanyalah separuh dari daftar yang ada.

“Ini nanti mereka tinggal PCR nya lagi setelah mereka tiba di hotel di Batam karna menyesuaikan berlakukan surat perjalanannya yang hanya 72 jam,” ungkap Ikhwan. “Seharusnya kita berangkat itu ada 138 orang tapi karna kebijakan dari Arab Saudi yang hanya membuka untuk 50 persen kuota maka kita hanya berangkat 63 orang saja. Itu pun dipilih yang umurnya maksimal 65 tahun,” tambahnya. (*)