RESES PERTAMA JUGA BAHAS PENATAAN LINGKUNGNA PEMUKIMAN


wartasintang.com: Setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang sedang dalam masa mengunjungi para konstituennya atau lebih dikenal dengan istilah reses. Demikian juga anggota komisi C DPRD Sintang, Senen Maryono ditemui saat melakukan reses kedua di Kelurahan Alai, Senin (27/6/2022).

“Pada reses pertama kemarin juga kurang lebih sama, prioritas permintaan masyarakat itu seputar penataan lingkungan pemukiman, jalan gang, drainase dan sampah. Ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat karena kenyamanan masuk dan keluar serta tinggal di lingkungannya,” kata Senen.

Menurut legislator Partai Amanat Nasional itu, ketiga hal tersebut (jalan gang, drainase dan sampah) menjadi prioritas khususnya di daerah perkotaan karna merupakan kawasan padat penduduk. Dengan semakin banyaknya pembangunan dan peningkatan ekonomi di Sintang, maka semakin rentan untuk terjadi adanya kawasan kumuh perkotaan.

“Jalan khususnya di dalam gang memerlukan peningkatan supaya jadi hitam semua. Drainase juga kondisinya perlu ditingkatkan supaya air bisa mengalir dan tidak menggenangi rumah warga. sedangkan sampah, perlu diperhatikan supaya bisa dikelola dengan baik tidak hanya asal menumpuk saja supaya kawasan lingkungan dapat tetap sehat,” tambah Senen.

Camat Sintang, Tatang Supriatna menyampaikan sejumlah keluhan dan situasi yang jamak dihadapi warga Kecamatan Sintang.

“Secara kasat mata kekompakan warga tinggi, banyak hal dikerjakan secara swadaya. Kalau kita di dalam Sintang Kota ini banyak kelurahan yang rawan banjir dan mudah tergenang air.  Hal itu sangat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat terutama di pemukiman padat penduduk. Maklum kita ini kan ada banyak kantor pemerintahan dan sekolah,” ungkap Tatang. “Selain itu, dimohonkan juga agar bapak selaku wakil rakyat ini dapat memperhatikan kenaikan tunjangan RT untuk tahun depan bisa 150 ribu rupiah per bulan per orang. Mudah-mudahan para ketua RT/RW lebih semangat dalam memlayani masyrakat,” tambahnya. (*)