KETUA DPRD SINTANG HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI BERKABUNG DAERAH


 

wartasintang.com: Selasa (28/6/2022), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menghadiri upacara peringatan hari berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat di halaman kantor Bupati Sintang Jalan Pangeran Muda.

“Sudah selayaknyalah kita sebagai generasi penerus mengenangkan jasa-jasa para pahlawan kita. Mereka telah memberikan diri untuk berjuang membebaskan kita dari penjajah, sekarang tugas kitalah untuk mengisi kemerdekaan itu dengan segala hal positif agar juga dapat menjadi warisan baik bagi anak cucu kelak,” kata Ronny.

Upacara ini dilakukan untuk mengenang peristiwa Mandor, pembunuhan massal sejumlah tokoh masyarakat dan cendikiawan Kalimantan Barat oleh penjajah Jepang di Mandor Kabupaten Landak tahun 1944. Ini merupakan peringatan wajib yang dilaksanakan setiap tahun di lingkungan pemerintah daerah provinsi Kalimantan Barat.

“Kepada para anak muda Sintang saya himbaukan, jaman boleh berubah tapi kita tetap harus menghomati dan mengamalkan nilai-nilai luhur kehidupan yang diajarkan oleh para pendahulu kita, misalnya tentang sikap rela berkorban dan tidak mementingkan diri sendiri,” tambah legislator Partai Nasdem itu lagi.

Pada peringatan tahun ini, diusung tema ‘Lanjutkan perjuanganku generasi penerus untuk membangun bangsa”. tampak hadir sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi dan organisasi pemuda yang ada di Sintang selain dari utusan instansti perangkat daerah serta militer.

Pada upacara ini Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, komandan kodim 1205 Sintang bertindak sebagai inspektur upacara. Ia membacakan amanat Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

“Sejarah perjuangan wajib kita kenang sebagai motivasi bagi seluruh Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan,” ujar Letkol Inf Kukuh.

Sementara itu di tingkat provinsi upacara ini dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen. Pol Suryanbodo Asmoro langsung di komplek Makam Juang Mandor Kecamatan Mandor Kabupaten Landak dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar. (*)