KETUA DPRD SINTANG BERHARAP ADANYA PENINGKATAN INVESTASI

wartasintang.com: Iklim investasi yang baik dan cenderung kondusif akan membuat perekonomian daerah tersebut meningkat sehingga akan menekan angka pengangguran dan menaikkan kesejahteraan masyarakatnya. Peningkatan investasi di suatu daerah akan otomatis berimbas kepada menurunnya angka pengangguran.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Roni mengungkapkan terkait kinerja dan harapan agar adanya peningkatan investasi di Sintang supaya bisa menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Tentunya kami berharap agar realisasi investasi bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk merekrut pekerja dari masyarakat sekitar. Sehingga angka pengangguran dan juga kemiskinan semakin rendah,” kata Florensius Roni, Selasa (28/6/2022).

Politisi Partai Nasional Demokrat itu mengingatkan agar pamerintah daerah bisa memanfaatkan data realisasi investasi sebagai referensi kegiatan pembinaan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Selain itu, pembangunan di luar perkotaan juga bisa dijamin dengan tidak perginya angkatan kerja untuk mengadu nasib di perkotaan.

"Jika ada pemerataan kesempatan di tiap daerah maka daerah itu akan makin sejahtera dan tidak terjadi ketimpangan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Itulah sebabnya dalam nawacita Jokowi menargetkan pembangunan dari daerah supaya terjadi pemerataan itu," kata Roni.

Lanjut Roni, kinerja investasi juga diharapkan bisa mempercepat pemerataan kegiatan ekonomi di seluruh Kabupaten Sintang yang ada. Sehingga persoalan ketimpangan ekonomi bisa diantisipasi secara maksimal, terlebih lagi Kabupaten Sintang sudah mempunyai dokumen Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) yang menjadi pedoman investasi di Sintang.

“Kompetensi yang harus benar-benar disesuaikan dengan perusahaan yang beroperasi. Karena kita berharap masyarakat yang terserap ini tidak hanya sebagai tenaga kerja kasar seluruhnya,” tutup Roni. (*)