YULIUS: HARAP DUKCAPIL TETAP BERI LAYANAN PRIMA DITENGAH PANDEMI

wartasintang.com: Politisi Partai Hanura, Yulius mengapresiasi tugas kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Sintang tetap memberikan layanan walaupun di tengah masa pandemi. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuapten Sintang itu mengingatkan agar para petugas di Disdukcapil dan isntansi pemberi layanan public secara langsung lainnya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Disdukcapil memiliki peranan penting bagi masyarakat dalam hal surat menyurat seperti akta kelahiran, kartu keluarga, ktp, akta pernikahan, dan akta kematian. Oleh sebab itu kami himbau agar Disdukcapil menerapkan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Yulius kepada awak media, Senin (27/6/2022).

Anggota Komisi C DPRD Sintang ini memaparkan bahwa pada saat gelombang pandemi sedang tinggi, ia melihat bahwa Disdukcapil tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat walaupun di tengah masa pandemi. Dinas ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, Yulius mengharapkan penerapan protokol kesehatan diterapkan sebaik-baiknya termasuk saat ini.

"Kami sangat apresiasi kinerja Disdukcapil dan juga bersyukur karena tidak sampai menjadi klaster dari dinas terkait pada saat pandemi kemarin," ujar Yulius. "Kami juga berharap agar Capil bisa membuat terobosan baru dalam hal ini, agar pelayanan tetap berjalan dan semua bisa dikerjakan dengan baik, serta masyarakat bisa merasakan pelayanan yang maksimal dari Dinas dengan menerapkan pelayanan terintegrasi untuk pembuatan buku nikah, kartu keluarga dan KTP baru bagi pasangan yang baru nikah bisa memaksimalkan teknologi," katanya lagi.

Yulius memaparkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang telah melakukan peranan yang penting bagi masyarakat. Ia berharap Disdukcapil juga bisa membuat sebuah terobosan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, terutama di tengah masa pandemi ini. (*)