JOHN: HUJAN MEMBAWA BERKAH

wartsintang.com: Ternyata, sisi lain tingginya curah hujan yang melanda Sintang dan sekitarnya beberapa waktu terakhir memiliki hikmah tersendiri bagi sebagaian warga. Menurut pengamatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Kabupaten Sintang, John Xifli para petani kepala sawit cukup senang dengan situasi ini. begitulah disampaikannya saat dihubungi media kami, Minggu (5/6/2022).

 “Saya cukup banyak menghabiskan waktu di kampung ya, jadi saya perhatikan sebenarnya kalau kita liat di lapangan selalu ada hikmahnyalah cuaca seperti ini. Sekarang ini cuacakan hujan terus, untuk yang berkebun kelapa sawit tentu merasa diuntungkan karna kita tahu sawit inikan keperluan airnya besar. Dengan adanya hujan sebanyak ini petani sawit tenang akan pasokan air. Tanaman tersirami selalu, pupuk dapat segera hancur terserap ke tanah, jadi adalah untungnya hujan ini,” ungkap John sambil tersenyum.

 Dan di satu sisikan kawan-kawan petani karet, peladang tradisional sangat dirugikan dengan cuaca seperti ini. Kawan-kawan banyak yang ndak bisa bakar ladang, ndak bisa garap ladang, ndak bisa noreh karna terkendala cuaca hujan yang terus menerus ini. Saya hanya berharap agar hal ini tidak mengecilkan semangat para petani kita untuk bertahan terlebih saat ini ekonomi kita pun sulit akibat pandemi ini. Semoga saja covid ini segera dapat berlalu sehingga aktivitas kita dapat lebih leluasa dan berjalan dengan baik lagi,” tutup John.

 Namun diakui pula oleh politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini hujan yang mengguyur secara berlebihan ini menimbulkan persoalan terkait mobilisasi bagi petani. Menurut John, jalan yang berlumpur menjadi kendala tersendiri dalam bekerja di kebun.

 “Hanya saja kendala terjadi pada faktor jalanlah yang kondisinya jadi hancur akibat air. Kalau petani yang kebunya sudah memiliki jalan akses yang sudah bagus sih enaklah ya tapi bagi petani yang jalan kebunnya biasa ya, cukup menyulitkan juga untuk aktivitas kerja saat jalan berlubang dan berlumpur,” kata John lagi.(*)