WELBERTUS: MARI TERUS JAGA DAN PERERAT KERUKUNAN

wartasintang.com: “Dengan adanya kegiatan seperti Saka Tiga Festival ini mari kita terus jaga dan pererat kerukunan yang ada di Sintang,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus, Jumat (27/5/2022).

Kegiatan ini berlangsung sejak 26 Mei lalu hingga 29 Mei nanti. Kegiatan yang jug amerupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kota SIntang ke-660 ini mengambil tempat di kompleks Istana Kesultanan Al-Mukkaramah Sintang. Pada kegiatan ini akan ditampilkan sejumlah atraksi budaya dari berbagai etnis yang ada di Sintang.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini kegiatan festival seperti ini sangat berdampak positif bagi masyarakat Sintang yang ‘haus’ akan hiburan setelah 2 tahun dibatasi ruang geraknya oleh pandemi covid 19.

“Kita ini kan sudah sangat lama tidak beramai-ramai seperti ini. Hiburan kita dua tahun terkahir inikan hanya virtual dari rumah saja, jadi Saka Tiga Festival ini tentu akan membangkitkan antusiasme warga Sintang. Selain sebagai hiburan, ajang ini juga sekaligus mengajarkan kita mengenai keberagaman budaya yang ada di Sintang,” ujar pria yang akrab disapa Bang Wel itu lagi.

Ketua panitia pelaksana Saka Tiga Festival, Syamsu Bakti menyampaikan kegiatan ini mengetengahkan pameran budaya dan pentas budaya yang bisa dinikmati masyarakat Sintang. Ia menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk membangun keharmonisan seluruh ormas sebagai lambing keberagaman budaya yang ada di Sintang.

“Dalam kegiatan ini kita bisa melihat semuanya menyatu, perbedaan yang ada berbaur memperindah satu sama lain, semuanya bersemangat untuk mensukseskan acara ini. Inilah semangat yang mau kita kobarkan, yaitu indahnya toleransi. Saya yakin acara ini akan menjadi suatu tonggak untuk kedepannya jadi bisa berlanjut setiap tahunnya,” ujar Syamsu. (*)