From Sintang To Harvard

 

Proses Interview via Zoom




Pontianak|| Siapa yg tidak pernah mendengar nama Harvard? Tentu kita semua hampir pasti sudah terbiasa mendengar nama kampus bergengsi tersebut. Harvard adalah salah satu universitas swasta terbaik di dunia, dan pemilik rekor sebagai penerima penghargaan Nobel terbanyak di dunia, berdiri sejak tahun 1636 kampus ini sudah menghasilkan ribuan lulusan terbaik dan tokoh-tokoh terkenal dunia salah satu mantan Presiden Amerika Barack Obama. 

Belum lama ini harvard Student agencies meluncurkan program "Futurue doctors program" Yang diperuntukan bagi siswa/i grade 8 sampai grade 12 (kelas 2 SMP- kelas 3 SMA) yang bisa diikuti oleh  murid sekolah dari seluruh dunia. 

Salah satu siswa yang berhasil lolos seleksi mengikuti program ini adalah Rafael Raka putra marwandy, siswa asal Sintang alumni SDS Suluh Harapan sintang, yang sekarang berdomisili di Pontianak dan bersekolah di SMP Katolik Santo Petrus Pontianak Kelas 8.

"Seleksinya gampang-gampang susah karna kita diminta untuk membuat esay dalam bahasa inggris dan juga diminta untuk menyebutkan prestasi-prestasi akademik yang sudah diraih selama ini, setelah apply saya diterima maka kemudian dilanjutkan dengan interview oleh panitia, juga dilakukan dengan bahasa inggris melalui zoom,jadi ada 2 tahapan seleksi yang harus dilalui jelas Rafa. 

"Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti program seperti ini dari luar negeri dan semoga saja pengalaman ini membantu untuk masa depan saya, karna saya memang bercit-cita menjadi Seorang dokter, dan juga sya harus menyisihkan waktu sekolah karna program ini akan dimulai pukul 09.00 AM-21.00 PM, mohon doanya agar semua dapat berjalan dengan lancar tutup Rafael. 

Ditambahkan oleh pak Wandy orang tua Rafael kepada media ini : "kami sebagai orang tua hanya mengarahkan dan membimbing apa yg sekiranya berguna untuk anak kami. Sepenuhnya keputusan dan proses lainnya kami serahkan ke dia. Dan Puji Tuhan juga bahwa kemudian dia terpilih bisa mengikuti program tersebut tentu akan menambah pengalaman dan pengetahuannya ke depan. 

Tentang "Future doctors program". Program ini berusaha untuk memperkenalkan siswa pada dasar-dasar studi pra-medis.  Program ini mencakup berbagai topik termasuk modul konten tentang pewarisan genetik, hormon, imunologi, dan kimia organik. Juga mengeksplorasi studi kasus tentang berbagai penyakit, mengajukan pertanyaan etika medis, dan menawarkan kesempatan untuk membedah makalah ilmiah.  Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk berkarir di bidang kedokteran dengan memberikan gambaran umum tentang proses MCAT, serta kesempatan untuk mendengar langsung tentang proses tersebut dari siswa di Harvard. 

Adapun Program ini berlangsung dari tgl 2-10 Oktober 2021. Mengingat masih dalam kondisi Pandemi covid-19 maka kegiatan akan dilaksanakan secara online.