Tertinggal, Bupati Akan Bangun Kayan Hulu



Warta Sintang : Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Jarot dan Sudiyanto, melakukan kunjungan kerja pertama sejak dilantik pada Februari 2021. Tempat yang dituju yakni Kecamatan Kayan Hulu, tepatnya di Nanga Tebidah. Turut mendampingi tampak Ketua DPRD Kabupaten Sintang, unsur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, beserta Anggota DPRD Kabupaten Sintang. Kegiatan pertemuan ini di laksanakan di Aula Kantor Camat Kayan Hulu pada hari Rabu,31 Maret 2021. 

“ Hari ini kita melakukan kunjungan kerja ke Nanga Tebidah, kita lengkap dari Wakil Bupati, Ketua DPRD, unsur OPD,serta beberapa anggota dewan untuk mendampingi saya. Pada masa saya dan Askiman memimpin mulai dari tahun 2016, untuk Kayan Hulu ini indeks Infrastrukturnya nomor dua dari bawah, hanya bisa menang dari Kecamatan Ambalau,mengingat pada saat itu konektifitas antara Nanga Mau dan Nanga Tebidah cukup sulit, di tambah lagi konektivitas antar desa yang ada sangat sulit susahnya luar biasa. Namun pelan pelan saya dengan Askiman mulai meningkatkan infrastruktur karena program kita yang pertama yakni membangun dari pingiran dan mengatasi kegawatdaruratan infrastruktur dasar,” kata Jarot dalam sambutannya. 

“ Buktinya untuk jalan ke Tanjung Miru saat ini sudah tembus, meskipun ada beberapa jembatan yang belum di kerjakan, dan pada tahun ini kita akan kerjakan ruas jalan menuju Tapang Menua, inilah tujuan membangun dari pingiran. Masih ada ruas jalan yang belum kita kerjakan, seperti ruas jalan dari Nanga Oran menuju Tanjung Miru sudah tembus, jembatan kita perbaiki, kemudian simpang Tanah Goneh menuju Tapang Menua belum tembus. Tahun ini kita alokasikan 1,6 Miliar utama nya untuk meratakan ruas jalan dari Tanah Merah menuju Nanga Masau, sehingga jika pada musim kemarau jalan tersebut paling tidak sudah bisa di lalui masyarakat,” tambahnya. 

Jarot juga menyampaikan Kayan Hulu untuk saat ini yang juga penting adalah listrik dan internet. Pada bulan April akan mulai di survei untuk mencari tanah untuk pembangunan tower mini. Dengan berdiri nya tower jaringan internet jelas mempermudah komunikasi sehingga konektivitas berjalan dengan baik dan lancar, sebagai upaya pemerintah memajukan indeks infrastruktur di Kayan Hulu ini bisa sama dengan kecamatan yang lain dan kalau bisa lebih baik. 

“ Saya pesan jangan di persulit untuk mencari tanah untuk di sewa, dan saya harap perangkat desa bisa memfasilitasi semua keperluan dalam pembangunan tower mini tersebut. Kayan Hulu akan segera kita bangun dan kita pasangkan 29 (BTS) tower mini jaringan internet untuk menjamin konektivitas telekomunikasi di pedalaman Kayan Hulu. Kita akan membangun di 29 desa dan hampir semua desa di Kayan ini mendapatkan tower mini nanti. Di Kayan Hulu ini yang terbesar dari alokasi kita 164 tower mini (BTS) yang kita ajukan,” ungkap Jarot. 

Bupati Sintang menambahkan saat ini sudah mulai pelelangan lagi untuk sanitasi air bersih, yang lebih banyak di alokasi kan ke jalur hulu tebidah. Ini merupakan program pemerintah untuk kesehatan lingkungan yang mampu menurunkan angka stunting di Kecamatan Kayan Hulu. 

“ Kemudian pembangunan yang lain yang masih belum tuntas akan kita tuntaskan dan pelan pelan kita selesaikan, namun saya mau fokuskan yang di pedalaman untuk pembangunan dengan begitu akan berpengaruh untuk Kecamatan Kayan Hulu juga,” kata Jarot. 

Wakil Bupati Sudiyanto juga mengatakan bahwa dalam membangun tidak ada perbedaan untuk kemajuan Kabupaten Sintang ke depan. 

“ Kami tidak memilih yang hanya mendukung kami saja untuk di bangun akan tetapi kita sama dan bagaimana kita memikirkan Kayan Hulu ini bisa di bangun untuk lebih maju lagi. Kita harus bercermin dan melihat kemajuan daerah kita, jangan ada perbedaan dan membeda bedakan dalam pembangunan. Juga saya sampaikan dan berpesan, kita tidak ada lagi perbedaan dari suku,agama, dan sebagainya. Sintang punya kita, kemajuan Sintang untuk kita bersama, juga tanggung jawab kita bersama,” ungkap Sudiyanto. 

Yelmanus, Camat Kayan Hulu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang karena Kayan Hulu mendapat perhatian khusus dalam pembangunan, khususnya di tingkat kecamatan. 

“ Kecamatan Kayan Hulu dengan luas wilayah 930.750 kilometer persegi ini dengan jumlah penduduk 27.902 jiwa terbagi menjadi 31 desa dan 100 dusun. Kesulitan kita di Kayan Hulu ini memang kondisi perbukitan sehingga sangat sulit di jalur transportasi, karena seperti kita ketahui untuk jalur transportasi warga masih mengandalkan jalur air sehingga biaya nya sangat mahal. Dengan ada nya pembangunan ruas jalan yang akan di buat tentu ini sangat mempermudah warga masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari hari,” ungkap Yelmanus. 

( Rz )