Wabup Dorong Pengembangan Agrowisata di Kabupaten Sintang



WARTASINTANG :Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mendorong pengembangan sektor pertanian yang digabungkan dengan pariwisata atau agrowisata di Kabupaten Sintang untuk meningkatkan nilai ekonomi selain komoditas.

"Saya kira ini langkah maju bahwa pertanian itu bukan hanya menghasilkan padi, jagung, kacang-kacang tapi sebenarnya dengan penataan yang baik banyak akselerasi yang bisa kita intervensi jadikan potensi untuk mendapatkan tambahan lagi bagi masyarakat," kata Wakil Bupati saat menghadiri acara silahturahmi pelaku bisnis agrowisata dan sektor penunjang yang dilaksanakan di Kedai Hijau Agrowisata Keling Kumang, Rabu lalu (17/3/2021).

Sudiyanto menyebutkan saat ini pertanian menjadi sektor penopang perekonomian nasional sehingga terobosan menggabungkan pertanian dengan sektor lain seperti pariwisata menjadi sangat menarik. Walaupun dikembangkan di lahan yang tidak begitu luas, namun tetap bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata dan awal untuk membangun pusat perekonomian yang luas dari sektor pertanian.

"Ini tidak mengganggu komoditi yang kita tanam bahkan ini akan menjadi bagian yang merangsang masyarakat untuk terus melakukan upaya agar pertanian sesempit apapun sebenarnya bisa kita lipat gandakan pendapatan masyarakat setempat," katanya.

Berawal dari wisata semakin banyak kaum millenial atau masyarakat tertarik dengan sektor pertanian bahkan menjadi kantong perekonomian baru yang menyejahterakan masyarakat.

"Saya tentu saja berharap apa yang ada di kawasan ini, kita bisa menduplikasinya di tempat lain yang lebih banyak dan saya akan minta pemilik di sini untuk sama-sama merancang beberapa wilayah yang lain di Kabupaten Sintang," katanya.

Wabup menegaskan pengembangan agrowisata untuk mengangkat perekonomian ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar berinovasi dalam memperkuat perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

"Melihat kawasan ini tentu menjadi kolaborasi menarik antara pertanian dan pariwisata. Ke depan ini akan kita bicarakan lagi dan kita perluas ke daerah lain, terutama sentra pariwisata," katanya. (*)