Poltekkes Hadir Tak Sebatas Tanggungjawab Pendidikan, Tapi Juga Pengabdian Masyarakat



WARTASINTANG :Direktur Poltekes  Kemenkes Pontianak Didik Hariyadi,   meyakinkan Pemerintah Kabupaten Sintang, bahwa hadirnya  Prodi D III keperawatan di Sintang bisa membawa  manfaat yang besar, karena pendidikan kesehatan dibawah Kemenkes tidak hanya bertanggung jawab  kepada pendidikannya saja namun  juga  terhadap riset, pembelajarannya,   termasuk bertanggung jawab terhadap pengabdian kepada masyarakatnya. 

Hal tersebut ditegaskan Direktur Poltekes  Kemenkes Pontianak Didik Hariyadi, dihadapan Bupati Sintang pada Kamis (18/3/2021) di acara Grand Opening Program Studi Diploma III Keperawatan Sintang  Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak,  di Kampus  Akper Jalan YC Oevang  Oeray Baning Sintang.

"Kita juga mempunyai  tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan khususnya  di Kabupaten Sintang, untuk itu Poltekkes  Kemenkes Pontianak dituntut , untuk terus bekerjasama dengan  Pemerintah Daerah  terutama terkait dalam program-program  Pengembangan  pengentasan masalah kesehatan di seluruh kabupaten di Kalimantan Barat,” tegas Didik Hariyadi.

Hal senada juga disampaikan Bupati Sintang yang berharap Program Studi Diploma III Keperawatan Sintang  Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak  di Sintang , dapat membantu para siswa yang orang tuanya kurang mampu, karena Polttekkes ini milik pemerintah biayanya lebih murah, karena menurutnya kehadiran poltekkes sangat penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia guna menyongsong Indonesia Emas  2045, karena Indonesia diramalkan negara terbesar nomor lima di dunia.

Poltekkes  Kemenkes Pontianak saat ini sudah memiliki empat kampus , yaitu di Pontianak ada dua Kampus,  Singkawang dan  di kabupaten Sintang dan sudah memiliki  tiga belas program studi  dengan enam jurusan  dan  ada sebanyak lima Prodi  yang sudah terakreditasi  A   dan sisanya terakreditasi  B. (*)