Harapkan MTQ Berkualitas, Sintang Mantap Jadi Tuan Rumah


Warta Sintang : Andi Musa, Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar, mengharapkan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 di Kabupaten Sintang ini harus berkualitas dan bermartabat. 

“ Tolak ukurnya ialah, MTQ itu terlaksana dengan baik, aman dan lancar, pelaksanaan MTQ sesuai dengan buku panduan MTQ, di laksanakan sesuai jadwal MTQ nya dan nanti sukses meraih prestasi pada MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin Kalsel 2022 mendatang,” jelas sang Purnawirawan Polri ini. 

Sementara untuk MTQ yang bermartabat harus di landasi nilai seperti iman dan taqwa, kebenaran, kejujuran, keadilan dan kerja sama. 

“ Baik para peserta, panitia dan semua yang terlibat harus menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pelaksanaannya. Jangan sampai ada kecurangan seperti pelaksanaan MTQ ke-28 di Sekadau lalu, baik dari peserta, panitia, dewan hakim jangan sampai ada konflik kepentingan dan lainnya baik dari segi indentias peserta, penilaian dan lainnya,” pesan Andi Musa. 

Hal ini disampaikannya saat rapat dalam rangka asistensi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 di Kabupaten Sintang, bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalbar selaku panitia pelaksana provinsi, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (30/3/2021) malam. Rapat tersebut dipimpin oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, didampingi Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto. 

“ Tentunya kedatangan Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar beserta rombongan akan memberikan kepada kami support moral supaya Kabupaten Sintang ini lebih siap lagi dan awalnya memang ide untuk menjadi tuan rumah itu memang kami minta, intinya Kabupaten Sintang sangat siap untuk melaksanakan MTQ ini, mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan memohon saran dan masukan dari LPTQ Provinsi Kalbar,” ucap Jarot. 

Sedangkan anggaran yang sudah di ajukan melalui Biro Kesra Pemprov Kalbar, sebesar Rp. 6.970.000. 000,00,- (enam miliyar sembilas ratus tujuh puluh juta rupiah). Dan cabang lomba yang sudah di susun saat ini yakni 27 cabang, sementara untuk non lomba itu ada 7. 

“ Alhamdulillah tadi dari biro kesra sudah menyampaikan ke saya kabar bagus terkait anggaran pelaksanaan, yaitu 5 miliyar rupiah, mudah-mudah tidak ada perubahan, bahkan kalau bisa di tambah,” ungkap Jarot. 

Meskipun ada kemungkinan pelaksanaan MTQ dilakukan secara virtual terkait Covid 19, Jarot berharap dengan program vaksinasi Covid 19 yang diperkirakan tuntas pada bulan Juni atau paling lambat Juli, pelaksanaan MTQ bisa secara tatap muka. 

“ Juni atau Juli hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksin, karena itu nanti akan terlihat pada penurunan kasus yang terjadi. Kita berharap jugalah pelaksanaannya nanti sudah boleh tatap muka, tapi tentunya kemanusiaan adalah hukum tertinggi, sehingga protokol kesehatan harus tetap kita laksanakan supaya lancar semuanyalah, karena dari 14 kabupaten/kota datang ke Sintang nanti, jadi mudah-mudahan semuanya berlangsung dengan lancar,” harap Jarot. 

Pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat menyampaikan berbagai persiapan yang sudah dilakukan. 

“ Untuk di struktur kepanitiaan kami sudah menyusun untuk di tingkat kabupaten, akan kami breakdown lagi lebih detail dan teknis. untuk Ketua Umum yaitu Bapak Bupati Sintang, Ketua Harian Ibu Sekda, ada lima ketua di mana masing-masing ketua akan membidangi beberapa seksi, cukup banyak seksi yang sudah kami siapkan sesuai SK Bapak Gubernur,” jelas Yasser. 

Sedangkan untuk tema & logo MTQ juga sudah di buat, tapi masih bersifat tentatif. Untuk tema utama yang sudah di susun yakni “ Aktualisasi Nilai-Nilai Universal Al-Qur’an Dalam Bingkai Kehidupan Yang Religius, Rukun dan Damai Menuju Kalimantan Barat Yang Maju dan Inovatif “. 

“ Tema ini kami adopsi dari dua, yaitu visi misi Bapak Bupati 2016-2021 yang kemudian dilanjutkan 2021-2026, yakni masyarakat Kabupaten Sintang yang religius. Kemudian juga mengadopsi visi dan misi Bapak Gubernur Kalbar yang juga menjadi tema ulang tahun Provinsi Kalbar yang ke-64 tahun 2021 yaitu Kalbar yang maju dan innovatif. Sedangkan logo di rancang oleh Bapak Ade Kartawidjaja, Ketua MABM Kabupaten Sintang, juga merupakan mantan Wakil Bupati Sintang,” tambah Yasser. 

Adapun tempat-tempat penyelenggaraan MTQ yaitu Stadion Baning sebagai venue utama, Gedung Seni, GOR Apang Semangai, Gedung Padepokan, Gedung Cadika, Rumah Adat Melayu, Aula MTs, Aula MAN, Gedung PGRI, Masjid An-Nur, Gedung Pancasila, Masjid Al-Amin. Dan tempat tinggal para kafilah dari kabupaten/kota selama pelaksanaan MTQ nanti juga sudah beberapa tempat yang disurvei dan dipersiapkan. 

( Rz )