Senen Maryono : Debat Kandidat Harus Jadi Panggung Pertunjukan Kualitas Paslon

WARTASINTANG.COM : Salah satu tahapan penting penyelenggaraan pemilihan kepala daerah Kabupaten Sintang adalah debat kandidat. Dan kali ini acara debat kandidat Pilbup Sintang akan digelar hari ini, Selasa malam (1/12/2020).

Menanggapi acara debat tersebut, pengamat politik dari Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono mengatakan debat antara pasangan calon kepala daerah menjadi momen penting dan strategis para kandidat

"Momen penting ini menjadi ajang atau panggung para pasangan calon mempertunjukan kualitas diri kandidat. Dari panggung debat ini juga publik melihat dan menilai kekompakan pasangan calon memaparkan program kerja dan bagaimana implementasi lapangan saat mereka terpilih," ujar Senen Maryono yang pernah juga merasakan panggung debat pilbup Sintang 2015, berpasangan dengan calon Bupati waktu itu, Ignasius Juan yang adalah petahana Wakil Bupati, Senin (30/11).

Senen menilai salah satu indikator penilaian publik dalam memilih calon kepala daerah adalah kemampuan memaparkan program kerja secara baik. Menurutnya, sistematika penjelasan dan bagaimana argumentasi mereka menjawab pertanyaan panelis dan sanggahan lawan politik menjadi salah satu aspek penilaian publik.

"Selain itu penyampaian program rasional dan tidak rasional menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian publik dalam menentukan pilihan. Masyarakat cerdas dan rasional akan menilai mana calon yang memaparkan program rasional mana calon yang hanya berusaha membius publik, dalam artian bahwa program-program itu bisa dioperasionalkan atau tidak bisa dilaksanakan saat terpilih," jelas dia.

Senen  berharap, para calon kepala daerah yang mengikuti acara debat antar kandidat nanti harus menunjukan kualitas diri masing-masing dan mampu menjelaskan secara baik program-program kerja yang sudah disampaikan saat kampanye selama ini.

"Saya berharap panggung debat itu harus jadi momen strategis bagi para calon sehingga publik bisa menilai secara obyektif mana calon asalan dan mana calon berkualitas," ujar legislator dari PAN. (CJ)