Dewan Sintang : Debat Harus Bermutu dan Berkualitas

WARTASINTANG.COM : KPU Sintang akan  melaksanakan debat terbuka Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2020 bertempat di Gedung  Pancasila pada Selasa (1/12/2020)

Debat yang hanya dihadiri oleh peserta terbatas demi melaksanakan protocol Covid-19 ini berlangsung sukses, aman dan lancar.

Anggota DPRD Sintang, Maria Magdalena mengatakan substansi debat adalah bagian dari kampanye untuk mengeksplorasi dan menggali secara mendalam ide dan gagasan paslon melalui visi, misi dan program kerjanya.

"Idealnya visi, misi dan program yang disusun dan ditawarkan paslon saat debat kepada pemilih harus rasional dan realistis serta ada skala perioritas dalam tataran konsep, kebijakan dan implementasi sesuai dengan masa jabatan yang diembannya," ungkapnya, Senin (30/11).

Untuk itu, diharapkan kepada paslon agar menyuguhkan dan memaparkaan visi, misi dan program yang bermutu dan pada saat yang sama dapat menunjukkan kapasitas diri yang berkualitas.

"Memang, debat tidak berpengaruh signifikan terhadap pilihan pemilih karena dari sejak sebelum dimulainya masa pendaftaran hingga dimulainya masa kampanye sebagian besar pemilih seyogyanya telah menentukan pilihan politiknya," kata Wakil Ketua Komisi A ini.

Namun demikian, lanjutnya debat dapat menjadi senjata ampuh bagi paslon atau tim sukses untuk menggerus elektabilitas dan kepercayaan pemilih terhadap paslon yang debatnya serampangan, tidak bermutu dan tidak berkualitas.

"Kampanye dalam bentuk debat terbuka disaksikan oleh seluruh tim sukses dan pendukung masing-masing paslon. Sehingga efek dominonya jauh lebih besar terutama sebagai jualan tim sukses dan pendukung untuk mempengaruhi atau menjatuhkan paslon yang kualitas dan kapasitas personalnya kurang baik saat debat," kata Maria

Selain itu, paslon diharapkan mampu menggunakan waktu yang tersedia pada setiap segmen debat secara efektif dan efisien. Maka visi, misi dan program serta argumentasi-argumentasi yang disampaikanya saat debat agar lebih fokus, terarah dan terukur.

Dirinya berharap kepada pemilih agar menjadikan visi, misi dan program paslon sebagai referensi menentukan pilihan pada 9 Desember nanti.(CJ)