Musim Hujan Telah Tiba, Welbertus : Ingat 3 M dan Pola Hidup Bersih dan Sehat

WARTASINTANG.COM - Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat harus lebih waspada terhadap kesehatan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Pada musim hujan ini mengingatkan masyarakat akan beberapa faktor resiko penyakit di musim hujan antara lain flu dan diare yang umumnya disebabkan karena virus dan juga Demam Berdarah (DBD). Apalagi tahun ini berbeda karena adanya pandemi virus Covid-19.

Untuk itu masyarakat harus lebih waspada dan hati-hati. Penerapan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial haruslah diterapkan sambil menekan pentingnya pola hidup bersih dan sehat di tengah situasi ini.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Sintang, Welbertus untuk mengantisipasi beberapa penyakit yang muncul pada saat musim hujan.

"Ini hanya kekhawatiran kita saja, sebab biasanya peralihan musim pasti diikuti dengan merebaknya penyakit. Jadi ingat 3 M dan bangun pola hidup bersih dan sehat," ujarnya pada awak media kami, Sabtu (28/11).

Meski demikian, lanjutnya kondisi tersebut dapat dicegah dengan terus meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana pun masyarakat berada, seperti menutupi sumber-sumber genangan air pada lingkungan rumah, membersihkan selokan rumah, membersihkan pekarangan dan tanaman, serta menaburkan bubuk abate di tempat bak air dan tetap ingat akan 3 M dalam tiap aktivitas/kegiatan.

Jadi jika kita mengantisipasi hal ini segera, maka bisa meminimalisir potensi penyakit yang biasa muncul pada saat musim penghujan.

Hal ini harus menjadi perhatian serius dikarenakan musim penghujan ini terjadi di tengah masa pandemi Covid-19. Mari bangun pola hidup bersih dan sehat serta selalu melakukan 3 M dalam tiap kegiatan/aktivitas. (*)