Rudy Andreas Ajak Masyarakat Bercocok Tanam di Tengah Masa Pandemi


WARTASINTANG.COM - Sejak pandemi Covid-19 berlangsung dan imbauan untuk work from home, membuat muncul hobi menanam di kalangan masyarakat.

Bercocok tanam menjadi pilihan yang digemari masyarakat untuk dilakukan guna mengisi waktu luang selama di rumah. Mulai dari menanam sayuran, bunga, hingga tanaman-tanaman lainnya. 

Menurut Anggota DPRD Sintang Rudy Andreas kegiatan ini sangat positif dan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

"Penanaman pohon atau bunga serta berbagai jenis tanaman di pekarangan rumah dan lahan kosong sangat membantu penghijauan lingkungan. Hal ini juga bermanfaat guna meningkatkan sumber oksigen bagi lingkungan kita, dan sebagai penyerap air saat musim hujan," katanya kepada awak media kami, Rabu (4/11).

Untuk itu Rudy Andreas mengajak agar masyarakat Sintang memanfaatkan lokasi yang kosong untuk bercocok tanam.

"Misalnya, jika kita menanam pohon buah di pekarangan tersebut, hasilnya nanti juga bisa menjadi nilai lebih bagi masyarakat," katanya.

Rudy Andreas memaparkan bahwa memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam sangat baik. Selain untuk penghijauan juga bisa untuk menambah kegiatan positif di tengah masa pandemi.Tanaman yang ada nanti akan membuat lingkungan sekitar lebih segar dan lebih sehat.

Jika pekarangan tidak cukup, masyarakat juga bisa bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

"Kalau untuk cocok tanam secara hidroponik teknisnya bisa lihat di Youtube. Saat ini ada banyak panduan dan tips bercocok tanam yang baik. Intinya di tengah pandemi ini kita harus membangun kegiatan positif supaya pikiran kita juga positif. Jika pikiran dan hati positif maka imun tubuh lebih kuat dan lebih kuat sehingga tidak mudah terserang virus atau penyakit," tutup Rudy Andreas. (*)