Hikman Sudirman : Harus Ada Pembekalan Khusus Bagi Guru di Tengah Masa Pandemi


WARTASINTANG.COM - Pandemi Covid-19 banyak mengubah tatanan kehidupan di masyarakat. Salah satunya terjadi di dunia pendidikan yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring alias tidak boleh tatap muka.

Proses belajar mengajar tanpa tatap muka ini menjadi satu tantangan tersendiri terutama untuk tenaga pengajar yang bertugas di daerah pedalaman dengan kondisi jaringan yang tidak stabil.

Terkait ini Anggota DPRD Sintang, Hikman Sudirman menghimbau agar tenaga pengajar diberikan pembekalan khusus.

"Ketika kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka, ini tentu menjadi suatu hal yang krusial kalau tidak diimbangi dengan cara serta pola balajar mengajar dari tenaga pendidik," ujarnya kepada awak media kami, Rabu (4/11).

Karena hal yang paling banyak dikeluhkan oleh orang tua murid adalah anak-anak belum mendapatkan penjelasan yang bisa dimengerti ketika proses belajar mengajar dilakukan secara online.

"Maka dianggap perlu ada pembinaan yang tepat kepada guru agar bisa menyampaikan pembelajaran kepada siswa, sehingga meski hanya belajar dari rumah siswa bisa memahami apa yang diajarkan oleh guru bersangkutan. Untuk itu dianggap sangat perlu adanya strategi khusus dalam hal ini guna meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sintang ini," ulasnya.

Dan salah satu tantangan lain adalah guru dipaksa untuk bisa membuat materi yang menarik. Walau tanpa tatap muka anak didiknya bisa termotivasi untuk belajar online dengan baik.

Selain itu Hikman Sudirman juga tidak menampik bahwa orang tua juga harus berperan aktif dalam hal ini.

"Dulu semua diserahkan sama guru untuk mendidik, tapi sekarang orang tua punya peran tambahan guna memotivasi anak-anaknya supaya bisa disiplin belajar secara daring. Ini satu tantangan tersendiri. Doanya sih pandemi bisa segera berlalu dan sekolah bisa kembali seperti biasa," tutupnya.