Pilkada 9 Desember Diagendakan Libur Nasional, Dewan Minta Masyarakat Jangan Golput


WARTASINTANG.COM : Pilkada Serentak 2020 akan digelar 9 Desember 2020. Pilkada ini akan mencetak sejarah sebagai Pilkada dengan jumlah daerah terbanyak dan Pilkada pertama saat pandemi. Pilkada 2020 akan serentakkan 270 pemilihan dalam satu hari. Sebanyak 100.359.152 pemilih di 309 kabupaten/kota akan terlibat dalam Pilkada kali ini.

Pada hari pemungutan suara sebagaimana diamanahkan di UU dilaksanakan pada hari libur atau diliburkan, sebagaimana yang sudah-sudah dalam pilkada 2015, 2017, dan 2018. 

Libur nasional itu akan ditetapkan melalui keputusan presiden. Keputusan ini berlaku tidak hanya di daerah penyelenggara pemilu, tapi juga seluruh wilayah Indonesia.

Anggota DPRD Sintang, Toni mengharapkan masyarakat pemilih dan sudah terdaftar di DPT, untuk meluangkan waktu datang ke TPS-TPS memberikan pilihannya pada Pilkada 9 Desember nanti.

"Biasanya dijadikan hari libur nasional. Untuk itu yang namanya sudah terdaftar di DPT, ya...harus memanfaatkan waktunya untuk datang ke TPS-TPS. Kita semua wajib sukseskan pilkada ini. Jadi jangan golput atau tidak hadir memberikan suaranya karena kesibukan atau liburan keluar kota. Silahkan saja, tapi kewajiban sebagai pemilih ya..didahulukan lah," ujar politisi Partai Golkar ini, Jumat (27/11).

Ia berharap, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 dapat sesuai target. Adapun Kementerian Dalam Negeri menargetkan partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

"Kalau tingkat partisipasi tinggi tahapan lancar dan kita selamat sehat penyelenggaraan juga sehat, pasangan calon sehat dan juga yang terpilih sehat," ujar politikus Partai Golkar itu.

Sebelumnya dalam rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari juga memastikan hal itu. Hasyim bahkan menyebut libur tak hanya berlaku bagi daerah yang menyelenggarakan pilkada, tapi akan berlaku secara nasional. Menurut Hasyim, pemerintah akan menerbitkan keputusan presiden soal libur nasional ini, sehingga seluruh daerah bisa ikut libur. (Topo)