Komisi C DPRD Sintang Dukung Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka Dengan Terapkan Prokes


WARTASINTANG.COM : Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka mulai Januari 2021 didukung Komisi C DPRD Sintang, dengan catatan ada jaminan penerapan protokol kesehatan. 

“Kami mendukung pembukaan untuk pembelajaran tatap muka. Tetapi hal itu harus dilakukan dengan protokol kesehatan ketat karena saat ini penularan wabah Covid-19 masih terus berlangsung. Selain itu pihaknya juga akan mendengarkan penjelasan Diknas Sintang, apakah pembelajaran tatap muka tersebut sudah bisa dilakukan. Yang jelas kita hanya sifatnya mendukung kebijakan yang terbaik saja,” kata Ketua Komisi C, Sandan, Senin (23/11).

Sandan mengatakan pembukaan belajar tatap muka sangat berisiko terjadi penyebaran virus, namun selama sembilan bulan pembelajaran jarak jauh nyatanya tidak berjalan efektif karena minimnya sarana prasarana pendukung, seperti tidak adanya gawai dari siswa dan akses internet yang tidak merata, terutama di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Dunia pendidikan Indonesia akan kehilangan masa pembelajaran bagi sebagian besar peserta didik, termasuk Sintang jika pembelajaran tatap muka tidak segera dicoba, yang tentunya kita juga minta masukan dari Diknas Sintang,” kata dia.

Namun demikian Komisi C mewanti-wanti harus benar-benar memastikan syarat-syarat pembukaan sekolah tatap muka terpenuhi, jika tidak disarankan jangan diterapkan dulu.

“Waktu belajar juga harus fleksibel, misalnya 3-4 jam saja. Tapi baiknya dirapatkan dulu antara pihak sekolah dengan komite,” kata Sandan.

Seperti diketahui, Pemerintah memutuskan membuka kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka per Januari 2021, meski pandemi ovid-19 belum mereda. Guru dan murid dinilai sudah siap menerapkan protokol kesehatan.

Keputusan diambil empat menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, serta didukung Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (CJ)