Guna Menekan Tingkat Penyebaran Covid-19, Dewan Ajak Tomas dan Toga Aktif

WARTASINTANG.COM - Wabah Covid-19 terus menyebar, korban pun terus bertambah. Upaya penanganan di berbagai lini terus dilakukan, termasuk terkait isu kehidupan keagamaan dan masyarakat. 

Hal ini dirasa perlu karena peranan Tokoh Masyarakat ( Tomas) dan Tokoh Agama (Toga) memiliki peranan penting di dalam membantu pemerintah melakukan sosialisasi pentingnya menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk itu Anggota DPRD Sintang Melkianus mengharapkan Pemkab Sintang melibatkan Tomas dan Toga dalam memberikan 'pencerahan' bagi masyarakat pentingnya menaati 3 M guna menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang khususnya.

Di sini lain Melkianus juga menghimbau kepada Tomas dan Toga mau membantu pemerintah dalam memberikan himbauan kepada masyarakat.

"Semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk sama-sama membantu pemerintah dalam upaya menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Sintang," katanya kepada media ini, Jumat (13/11).

Ormas keagamaan dan organisasi kemasyarakatan dipandang memiliki pengaruh dan efektif menyampaikan pesan dan imbauan kepada umat dengan bahasa dan cara mereka.

"Kami menghimbau kepada pihak terkait yang ada di lembaga pendidikan keagamaan untuk sama-sama membantu penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Hal ini guna membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan rumah ibadah seperti dengan menggunakan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak sosial.

"Kami juga menghimbau tokoh agama di setiap daerah untuk turut mengedukasi dan mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga penerapan disiplin protokol kesehatan. Kami meyakini himbauan tokoh agama dan tokoh masyarakat juga lebih cepat didengar masyarakat, karena mereka merupakan bagian dari kalangan orang-orang yang disegani masyarakat," tutupnya. (*)