Dewan Sintang Harap Partisipasi Pemilih Tetap Tinggi Walau Pilkada di Tengah Masa Pandemi

WARTASINTANG.COM : Beberapa waktu ke depan. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal direncanakan digelar serentak pada 9 September 2020. Di Kalbar sendiri, Pilkada juga akan digelar di 7 kabupaten, termasuk di Kabupaten Sintang.

Terkait pelaksanaan Pilkada, khususnya juga ketika masih pandemi Covid-19. Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward meminta agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar dan kondusif.

"Tentu kita berharap Pilkada berjalan lancar dan aman, terlebih sekarang di masa pandemi. Jadi kita berharap selain kondusif, juga harus aman dari potensi penularan," katanya, Jumat (27/11).

Ia pun mendorong agar para pihak yang terkait dalam pelaksanaan Pilkada bisa satu visi. Baik itu penyelenggara, pengawas, pemerintah, paslon serta para pendukung maupun masyarakat.

"Semoga berjalan lancar, dan juga semua pihak mematuhi protokol kesehatan. Dan juga sudah kita ketahui bersama Pilkada kali ini juga ada maklumat Kapolri soal pelaksanaan yang aman dan protokol kesehatan," ujarnya.

Lalu, legislator PDIP ini pun berharap bahwa masyarakat juga tidak apatis dengan pelaksanaan Pilkada. Meskipun diakuinya pelaksanaan kali ini harus digelar di tengah pandemi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Budi Harto menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Pemkab Sintang selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut datang ke TPS pada 9 Desember 2020. 

"Kami menargetkan lebih dari 75 persen partisipasi pemilih dan kami sudah gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula dan masyarakat. Kami sudah sosialisasi ke kecamatan. PPK dan KPPS juga sudah kami instruksikan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, untuk datang ke TPS pada hari H," jelasnya. (CJ)