Anggota DPRD Sintang Optimis Target 75% Partisipasi Dalam Pilkada Tercapai

WARTASINTANG.COM : Penjabat Sementara Bupati Sintang yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Budi Harto, dalam Dialog Bincang 56 TVRI Kalimantan Barat di Pendopo Bupati Sintang pada Rabu, (25/11/ 2020) menargetkan tingkat partisipasi politik dalam Pilkada Serentak 9 Desember nanti mencapai 75%.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Sintang, yang juga pernah menjadi kontestan Calon Bupati Sintang 2015, Agrianus meyakini harapan target 75% tingkat partisipasi pemilih tercapai.

“Kita mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam ikut memilih calon Bupati dan calon wakil Wakil Bupati Sintang pada 9 Desember 2020 mendatang tetap tinggi,” katanya di Gedung DPRD Sintang, Jumat (27/11).

Menurutnya, supaya tingkat partisipasi masyarakat tetap tinggi tergantung dari kesiapan aparat pemerintah, penyelenggara Pilkada, TNI dan Polri dalam menjalankan protokol kesehatan.

Dikatakannya, kalau aparat pemerintah, penyelenggara Pilkada, KPU dan Bawaslu, TNI dan Polri menjamin kesehatan melalui protokol kesehatan kepada pemilih, diyakini partisipasi masyarakat dalam ikut memilih di Pilkada nantinya akan tetap tinggi.

Politisi dari Partai Golongan Karya ini, berharap penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang ini nantinya dapat terlaksana dengan sukses.

Seperti yang disampaikan Ketua KPU Sintang Hazizah pada rapat koordinasi pemantapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Sintang, Selasa (17/11/2020) di Pendopo Bupati Sintang mengungkapkan, pihaknya menargetkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini harus meningkat dengan mengacu pada standard nasional yaitu 77,5 %. 

“Kita targetkan partisipasi pemilih pada pilkada ini 77,5% sesuai standard KPU RI atau nasional, dengan target peningkatan partisipasi tersebut berarti tingkat kesadaran masyarakat akan penting hak suaranya pada pemilu itu untuk menentukan arah bangsa atau daerah menjadi tinggi,”ungkap Hazizah. (CJ)