Yulius Harapkan Peserta Pilkada Patuhi Penerapan Protokol Kesehatan Selama Pandemi


WARTASINTANG.COM - Pemkab Sintang terus berinovasi guna menurunkan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Sintang. Untuk itu Pemkab Sintang tidak mau kecolongan dan muncul klaster baru karena saat ini telah memasuki masa pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sintang 2020.

Untuk itu Pemkab Sintang menekankan penerapan Protokol Kesehatan dalam kampanye Pilkada di Kabupaten Sintang supaya dilaksankan dengan maksimal oleh para peserta Pilkada.

Pemkab Sintang menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak telah diatur dalam PKPU NO. 13 Tahun 2020. Di dalam peraturan tersebut dijelaskan tata cara, sanksi maupun larangan terkait pelaksaaan pilkada serentak secara sehat dengan memberlakukan protokol kesehatan. 

Terkait hal ini Anggota DPRD Sintang Yulius mengajak agar seluruh masyarakat Sintang untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku dalam berbagai kegiatan di luar rumah, termasuk untuk para peserta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sintang 9 Desember 2020.

Untuk itu ia mengharapkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mengawasi hal inii.

"Memakai masker saat berkumunikasi dengan orang lain, menjaga jarak minimal 1 meter saat berada dikerumunan, mencuci tangan menggunakan sabun agar virus tersebut mati serta menghindari kerumunan agar tidak mudah terjangkit virus berbahaya ini," katanya kepada awak media ini, Selasa (20/10).

"Terkhusus bagi tim sukses dari 3 paslon agar memperhatikan ketentuan protokol kesehatan dalam masa kampanye," himbau Yulius.

“Harapannya tim Satgas Covid juga lebih intensif mengedukasi, mensosialisasikan serta melakukan pembubaran jika melihat adanya kerumunan, sesuai dengan Perkpu no. 13 tahun 2020,” tutup Yulius.

Sebagai informasi tambahan berdasarkan rilis Satuan Petugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang per 20 Oktober 2020 terjadi penambahan 14 kasus baru sehingga total terkonfirmasi adalah 198 orang. Pasien sembuh 3 orang sehingga total yang sembuh mencapai 131 pasien. Yang sedang dalam masa perawatan ada 67 pasien. (*)