OTG Sintang Meningkat Tajam, Ini Harapan Dewan Sintang


WARTASINTANG.COM - Meningkatnya jumlah OTG atau Orang Tanpa Gejala dalam kasus penyebaran virus Corona mendapat perhatian Anggota DPRD Sintang, Welbertus. Ia menyampaikan rasa prihatinnya atas lonjakan jumlah OTG yang diumumkan oleh Dinas Kesehatan Sintang. Hal ini disampaikannya melalui sambungan telepon, Senin (5/5/2020). 

OTG merupakan orang yang sedang sehat namun hasil rapid testnya reaktif. Jumlah tersebut meningkat dari 4 orang pada tanggal 24 April lalu, hingga mencapai 111 orang di tanggal 4 Mei. 

“Angka itu sudah menunjukkan kalau Sintang bisa dikatakan Sintang ini sudah ada dalam zona kuninglah dan bergerak aktif menuju zona merah. Kondisi ini tentu kurang baiklah,” kata Welbertus. 

“Lockdown parsial yang diberlakukan oleh pemerintah hendaknya diperhatikan dan ditaatilah oleh masyarakat. Tentu inikan demi keamanan bersama,” tambahnya. 

Politisi PDI Perjuangan ini pun mengingatkan dalam masa pembatasan aktivitas ini, hendaknya rasa empati kepada tetangga dan warga sekitar perlu lebih digalakkan. Bang Wel mengingatkan untuk memperhatikan kondisi ekonomi tetangga yang mungkin memerlukan bantuan. 

Untuk itu ia berharap kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat untuk saling tolong menolong dalam keadaan ini.

“Misalnya ada tetangga kurang mampu, bolehlah yang mampu memberi yang tidak mampu. Karenakan kita tidak tahu juga berapa lama ini terjadi,” pesan Bang Wel. 

“Di sisi lain, hendaknya pemerintah kita bisa bertindak lebih tegas terhadap masyarakat yang sampai hari ini masih ramai ngumpul seolah-olah himbauan pemerintah ini tidak diindahkan. Kalau perlu lakukan langkah-langkah yang lebih tegas. Ndak boleh lagi hanya sekedar himbauan,” pesannya.

Jadi Bang Wel berharap semua lapisan masyarakat dan pemerintah bisa bekerjasama untuk menghadapi masa pandemi ini. Bersama kita lawan Corona. (*)