Mainar Sari : Jangan Takut Jadi ODP, Status ODP itu Justru Bisa Menyelamatkan Masyarakat


WARTASINTANG.COM - Belakangan ini muncul istilah ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam kasus penyebaran COVID-19. ODP merupakan orang yang sempat bepergian ke negara atau daerah lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Selain itu, seseorang yang pernah berkontak langsung dengan orang atau pasien positif corona juga dapat dikatakan sebagai ODP.

Oleh sebab itu Dinkes Sintang menghimbau agar semua lapisan masyarakat yang baru kembali dari daerah terpapar virus corona agar segera melaporkan diri ke Call Center Posko COVID-19 Dinkes Sintang guna dilakukan pendataan guna pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran COVID-19.

Terkait itu Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari mengajak masyarakat mendukung program Dinkes Sintang dan tidak perlu takut untuk melaporkan diri sebagai ODP.

“Status ODP itu justru bisa menyelamatkan masyarakat, karena jika seseorang dengan sadar melaporkan diri dan menjadi ODP sesuai prosedur Dinkes dia akan selalu dipantau dan bila perlu dibantu dengan obat untuk menaikkan imunitasnya sehingga bisa segera sembuh dari gejala itu dan tidak was-was, keluarganya juga tidak kawatir dan tetangganya juga bisa tenang,” kata Mainar.

“Kepada warga yang ada di lingkungannya ada ODP tolong dibantu juga, jangan merasa takut lalu mengucilkan ODP dan keluarga mereka, tapi beri dukungan positif agar kita bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 ini,” tambahnya.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengingatkan kepada masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dalam memerangi COVID-19, dengan cara hidup sehat, menjalankan, pola hidup bersih, meningkatkan daya imunitas tubuh dan sementara waktu ini lebih banyak berdiam di rumah. 

Mainar menegaskan bahwa dengan patuh pada peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah tersebut, setiap orang dapat berkontribusi positif dalam menghentikan penyebaran COVID-19.

“Kuncinya dari diri kita sendiri, kesadaran diri kita utk memutus rantai penyebaran virus ini, kesadaran masyarakat dalam hal ini sangatlah membantu menyelamatkan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ungkap Mainar. 

“Teruslah berusaha dan berdoa agar kita terhindar dari wabah ini, mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Sintang tidak ada yang terkena dampak ini,” harapnya. (*)