Bupati Sintang Menyerahkan Secara Simbolis Bantuan Sosial untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

WARTASINTANG.COM - Bupati Sintang Jarot Winarno menyerahkan secara simbolis bantuan sosial beras untuk masyarakat yang terdampak Corona Virus Desease (Covid-19) di Kabupaten Sintang tahun 2020, di Halaman Kantor Camat Sintang, Senin (6/4/2020) siang.

Beras tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar untuk Kabupaten Sintang melalui Dinas Sosial Kabupaten Sintang. Bantuan yang diberikan itu sebanyak 715.180 kilogram, yang di salurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). KPM yang tercatat dalam bantuan sosial ini sebanyak 35.759 KPM. Jadi tiap-tiap KPM menerima 20 kilogram beras.

Pemkab Sintang pun menjelaskan bahwa ini hanyalah penyerahan simbolis saja. Untuk pendistribusiannya nanti akan dikoordinir agar sampai kepada tiap KPM yang sudah terdata di Dinas Sosial.

"Ini hanya acara penyerahan secara simbolis. Nanti yang menyalurkan ke kecamatan-kecamatan dan desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang itu Bulog Sintang dan akan dibantu jajaran TNI-Polri," sebagaimana dikutip dari laman Facebook Prokopim Sintang - https://www.facebook.com/humas.pemdasintang.

Untuk Yang Tidak Terdata KPM Pemkab Sintang Menyediakan Bantuan Sebanyak 100 Ton

Sementara itu bagi masyarakat yang bukan termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemkab Sintang menyediakan bantuan beras sebanyak 100 ton. Untuk itu para Lurah, Kades di minta mendata warganya yang bukan dalam ketegori Keluarga Penerima Manfaat (PKM), kemudian di sampaikan ke Dinas Sosial Kabupaten Sintang.

Dalam proses penyalurannya pemkab Sintang akan melibatkan unsur oleh TNI-Polri yang akan mengantar langsung ke alamat warga masing-masing, sehingga penyaluran beras tersebut tidak mengumpulkan orang dalam skala besar.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 1205/Sintang, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Wakapolres Sintang, sejumlah pimpinan OPD di lingkungam Pemkab Sintang dan pihak terkait lainnya. (*)