Ketua Dewan Sintang Apresiasi Wisata Kapal Pesiar Bidar Pelangi Jubair


WARTASINTANG.COM - Kabupaten Sintang merupakan wilayah yang startegis untuk wisata sungai. Hal ini tidak terlepas dikarenakan Sintang merupakan pertemuan Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang membentuk simpang tiga sungai yang akhirnya dikenal dengan sebutan Saka Tiga.

Dan terobosan yang dilakukan oleh MABM Kabupaten Sintang dalam menghidupkan wisata sungai di Kota Sintang mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny.

Hal itu disampaikannya saat ditanyakan tentang  beroperasinya Kapal Wisata Bidar Pelangi Jubair di Taman Bungur, depan Pendopo Bupati Sintang, beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua DPRD Sintang, apa yang dilakukan MABM ini sangat menarik karena wisata sungai atau air belum ada di Sintang.

"Pertama-tama saya mengucapkan selamat karna hari ini telah diresmikannya kapal wisata yang diinisiasi oleh seluruh pengurus MABM Sintang. Hal ini sangatlah membanggakan kita, mengingat wisata air di Sintang belum ada,” kata Ronny. 

Dirinya berharap, kedepannya potensi ini bisa dikembangkan dan lebih menarik lagi.

“Mudah-mudahan itu akan menjadi ikon bagi Kabupaten Sintang. Saya juga berharap kedepannya di perahu itu juga akan tersedia wisata kuliner. Jadi wisata air plus wisata kuliner,” tambahnya. 

Namun dirinya juga berharap, wisata sungai/air ini dibarengi dengan penataan sungai sebagai upaya penambahan kawasan wisata baru di Sintang, sehingga kawasan sungai bisa menjadi destinasi wisata. Dengan demikian, lanjut Ronny dapat terintegrasi dengan destinasi yang sudah ada.

"Mungkin dinas terkait, seperti PUPR dan Pariwisata dapat memikirkan itu. Misal bantaran sungai ditata kembali sehingga terintegrasi dengan taman-taman yang ada termasuk dengan adanya kuliner dan restoran terapung, sehingga melengkapi destinasi wisata," tutup Ketua DPRD Sintang.

Dan tentunya dengan adanya kapal wisata ini dapat meningkatkan potensi wisata air di kota Sintang dan menjadi salah satu tujuan wisata di Sintang. (*)