Ketua DAD Sintang Pastikan Aksi Solidaritas Anak Peladang Bela Peladang Lancar Dan Kondusif

WARTASINTANG.COM - Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang sekaligus Wakil Ketua I DPRD Sintang, Jeffray Edward menegaskan serta menjamin bahwa Aksi Solidaritas Anak Peladang bela peladang pada hari Senin (9/3/2020) nanti akan berlangsung aman, tertib, lancar serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam menyampaikan atau mengeluarkan pendapat.

Jeffray menegaskan bahwa aksi ini akan berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan sesuai dengan koridor dalam menyampaikan pendapat. Namun Jeffray juga menghimbau agar semua peserta aksi untuk menjaga diri dan tidak terprovokasi.

"Terkait aksi, saya berharap aksi ini bisa berjalan dengan baik, tertib, aman dan kondusif. Agar semua masyarakat yang ingin mengawal proses sidang dan hadir menyaksikan persidangan putusan bisa menjaga agar tetap aman dan tertib," kata Jeffray (7/3/2020).

Untuk itu Politisi dari PDI Perjuangan berpesan agar peserta aksi mewaspadai provokasi oleh pihak-pihak yang sengaja membuat suasana kacau, baik provokasi dari dalam dan luar aksi.

"Waspada terhadap oknum-oknum yang bisa saja menyusup untuk membuat suasana yang tidak baik dan tujuannya melakukan provokasi," tambahnya. 

Dirinya berharap proses sidang putusan bisa selesai dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Selaku Ketua DAD Kabupaten Sintang Jeffray mengungkapkan bahwa DAD sudah mengawal dari awal bersama beberapa organisasi masyarakat/adat dan mahasiswa, serta melakukan pendampingan hukum melalui pengacara yang ditunjuk.

"Kita berharap putusan yang diberikan hakim tentu tidak merugikan peladang, sehingga peladang tidak dipenjara karena berladang. Kita akan berusaha mengawal dan melakukan yang terbaik untuk masyarakat kita yang sedang diproses hukum tersebut," ungkapnya.

Jadi harapannya para peserta ASAP bisa menjaga diri supaya kegiatan aksi peladang ini bisa berjalan lancar, tertib, dan aman. (*)