Lim Hie Soen : Orang Bijak Taat Pajak


WARTASINTANG.COM - Anggota DPRD Sintang, Lim Hie Soen mengajak masyarakat untuk taat membayar berbagai jenis pajak. Ini dinilainya penting demi kepentingan bersama.

"Diharapkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak semakin tinggi agar ada pemasukan bagi negara supaya pembangunan di berbagai bidang dapat terlaksana dengan baik," katanya ketika ditemui saat jalan sore di bekas lapangan terbang Susilo, Senin (9/3/20).

"Kalau semakin banyak masyarakat dan Badan Usaha serta organisasi yang taat pajak maka semakin maju Kabupaten Sintang. Karena pajak yang diberikan akan jadi pemasukan daerah yang dialokasikan untuk daerah kembali," katanya.

Apalagi saat ini pembayaran berbagai jenis pajak sudah cukup mudah, termasuk dalam melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT),  pajak penghasilan yang wajib dilakukan para wajib pajak untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Selain itu, pelaporan SPT pajak penghasilan bisa dilakukan melalui "e-filing" yang merupakan fasilitas yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak guna memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT.

Keuntungan menggunakan "e-filing" antara lain, cepat, aman, dan kapan saja atau 24 jam), murah dan tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT, penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer, ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

"Bayar pajak caranya kita permudah, kalau tidak bisa 'e-filing' nanti petugas di KPP Pratama Sintang bisa bantu dan dampingi, oleh karena itu ayo bayar pajak, ini untuk kepentingan bersama," ujarnya lagi. (*)