Kabupaten Sintang Prioritas Program LISDES, 21 Desa Akan 'Disetrum' PLN


WARTASINTANG.COM - Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan jaringan listrik menjangkau seluruh desa di Indonesia. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng pernah memberikan pernyataan bahwa target desa berlistrik tahun 2019 sebesar 100 persen. Hal ini menandakan bahwa Pemerintah Pusat serius untuk merealisasikan visi Presiden Joko Widodo yaitu Indonesia Terang.

Dan bukti keseriusan ini diungkapkan oleh Bupati Sintang ketika meresmikan program Listrik Desa (LISDES) yang dilaksanakan di Desa Semajau Mekar Kecamatan Ketungau Hilir, Selasa (17/03/2020).

Jarot Winarno mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat memberikan prioritas LISDES kepada Kabupaten Sintang. Hal ini terlihat jelas dengan diberikannya Program LISDES untuk 21 desa di Kabupaten Sintang. Jadi tinggal tunggu waktu dan 21 desa di wilayah Kabupaten Sintang akan 'disetrum' PLN.

"Kabupaten lain hanya mendapatkan empat desa untuk Program LISDES ini,  dan Kabupaten Sintang mendapatkan sebanyak dua puluh satu desa untuk Tahun 2020 ini dalam program LISDES, ini sangat luas biasa,  dan Tahun 2021 pun sudah mulai disurvei di beberapa desa, dan saya sebagai Bupati Sintang akan terus memperjuangkannya,” ungkap Jarot.

Ini adalah bentuk kepedulian negara kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang. Dan dengan adanya Program LISDES untuk 21 desa di Bumi Senentang ini tentunya akan menjadi daya ungkit besar dan menjadikan percepatan pembangunan dari desa-desa di cakupan wilayah Kabupaten Sintang.

"Desa Semajau Mekar Kecamatan Ketungau Hilir yang selama ini belum dapat menikmati pelayanan listrik PLN , saat ini sudah menikmati,  ini bisa dikatakan merdeka ya. Tentu ini patut kita syukuri  karena bisa menjadi daya ungkit besar , agar ke depan bisa menjadi desa mandiri,” tutup Jarot Winarno.