Buka RAT Koperasi Produsen 'Raja Swa' Jarot : Saya Harap Kepengurusan Koperasi Tekun dan Taat Aturan


WARTASINTANG.COM - Bupati Sintang Jarot Winarno membuka acara Rapat Anggota Tahuan (RAT) Koperasi Produsen "RAJA SWA" Tahun Buku 2019 di Balai Ruai Desa Bangun, (18/03/2020). Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah "Meningkatkan Kualitas Manajemen Koperasi Produsen Raja Swa."

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menenggah Sudirman, Kepala Dinas PMPTSP Yosep Sudianto, Anggota Dewan Komisi B Billy Welsan, serta tamu Undangan lainya.

Dalam kata sambutannya Jarot Winarno menyampaikan bahwa Desa Bangun memang sudah ditetapkan sebagai Desa Koperasi. Untuk itu ia berharap kehadiran Koperasi Raja Swa ini menjadi contoh dan bentuk kemitraan dan bentuk kemajuan koperasi di Desa Bangun ini.

"Hadirnya Koperasi Produsen Raja Swa ini sebagai percontohan koperasi yang mandiri yang membentuk kemitraan perusahan dengan masyarakat melalui koperasi," ujar Jarot.

"Yang perlu kita jaga dalam internal anggota adalah meningkatkan mutu dan kualitas serta pelatihan manajeman akutansi keuangannya, biar semakin meningkat kualitas kepengurusan Koperasi Produsen Raja Swa," lanjutnya.

Jarot juga menyampaikan bahwa idealnya tiap KK memiliki setidaknya 2 kapling atau 4 hektar sawit yang dikelola oleh koperasi yang bekerjasama dengan perusahaan.

"Dengan begitu kita bisa menghitung pendapatan perkapita masyarakat perbulannya, sehingga kita bisa mengentaskan garis kemiskinan bagi masyarakat di Desa Bangun ini, jika  penghasilan perhari rata-rata 200 ribu dari koperasi produsen Raja Swa," tutur Bupati Sintang.

Untuk itu Jarot Winarno sangat berharap bahwa Koperasi Produsen Raja Swa bisa bekerja maksimal dan kepengurusannya pun tranparan dan akuntabel sehingga bisa menjadi mitra pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sintang. (*)